Razia, Truk Batubara Tidak Melintas

 297 total views,  2 views today

MUARAENIM, KS- Jika biasanya, puluhan truk yang mengangkut batubara setiap harinya melintas di ruas Jalan Muaraenim-Palembang. Namun, Senin (9/12), sejak pagi tidak ada satu pun angkutan batubara dari Lahat yang melintas di jalan umum.

Mereka seakan mengelabuhi petugas gabungan dari Dinas Perhubungan (Dishub) Sumatera Selatan (Sumsel), Dishub Muaraenim yang di back up TNI dan Polres Muaraenim, yang sedang melakukan razia.

Kepala Seksi (Kasi) Pengendalian Operasional, Dishub Sumsel, Yanuar yang dibincangi disela-sela razia menyebut, razia tersebut tidak hanya ditujukan kepada angkutan batubara saja, tetapi juga angkutan barang, dan angkutan penumpang yang tidak laik jalan.

“Memang kita tidak mendapatkan satu pun, angkutan batubara yang melintas. Namun ada 180 unit kendaraan yang tidak laik jalan, terjaring razia. Rinciannya, 150 unit kendaraan penumpang dan 30 unitnya kendaraan barang,” jelasnya.

Kendaraan-kendaraan tersebut terjaring razia, karenanya tidak ada  buku pengujian kendaraan bermotor,  atau pun izin usahanya telah habis atau kadaluarsa, maupun surat menyurat lainnya.

Yanuar mengaku heran, pada saat razia ini tidak didapati angkutan batubara. Jika pun ada, tim gabungan akan menindaknya dengan cara memerintahkan untuk balik kandang. Razia angkutan barang dan penumpang ini sambungnya, rencananya akan berlangsung selama dua hari, hari pertama di Muaraenim dan hari kedua di Lahat.

“Bagi kendaraan yang melanggar, akan kita proses sesuai dengan hukum yang berlaku. Dalam razia ini,  surat-surat kendaraan yang terjaring kita tahan sementara kendaraannya kita persilakkan untuk melintas. Namun jika ada kendaraan yang bodong, kita limpahkan ke kepolisian untuk memprosesnya,” ucapnya.

Terpisah, Kasi Pengawasan dan Pemeriksaan Dishub Muaraenim, Muzakar mengatakan dalam razia tersebut, pihaknya hanya membantu saja. Selanjutnya, angkutan yang melanggar akan ditindak dengan dilakukan penilangan. “Sementara untuk angkutan batubara tidak ada yang melintas, jadi belum ada yang terjaring razia,” tukasnya.

 

TEKS              : SISWANTO

EDITOR        : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster