APBD PALI Diperkirakan Rp 300 Milyar

 216 total views,  2 views today

Heri Amalindo Bupati PALI

Heri Amalindo Bupati PALI

PALI | KS –Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD), Kabupaten PALI di tahun 2014 nanti diperkirakan berjumlah Rp 300 Milyar.

Hal tersebut diungkapkan Penjabat Bupati PALI Ir H Heri Amalindo MM, beberapa waktu lalu.

“Ya, kemungkinan, APBD di tahun pertama di dapat dari dana alokasi umum, dana perimbangan dan dana bagi hasil migas. Kita sudah hitung-hitung, jumlahnya diperkirakan sebesar Rp 300 Milyar,” kata Heri.

Namun, sambung Heri, jumlah tersebut masih harus menunggu keputusan Menteri Keuangan terkait jumlah dana bagi hasil migas. Menurutnya, yang menentukan jumlah dana bagi hasil ini adalah Menteri Keuangan. “Setiap akhir tahun, Menkeu mengeluarkan keputusan berapa dana bagi hasil masing-masing daerah,” ungkap Heri.

Seperti diketahui, lanjut Heri, Kabupaten PALI dikenal sebagai daerah penghasil minyak dan gas bumi sejak jaman penjajahan Belanda. Sangat wajar bila, daerah tersebut mengandalkan dana bagi hasil migas sebagai sumber utama pendapatan daerah sebagai pembiayaan APBD.

Dengan dana sebesar itu, Heri menuturkan, Pemkab PALI akan berusaha mengalokasikan belanja daerah untuk kesejahteraan masyarakat PALI. “Kita ketahui, saat ini infrastruktur yang ada di PALI banyak yang rusak. Untuk itu akan kita prioritaskan belanja daerah untuk perbaikan infrastruktur tersebut,” paparnya.

Meski demikian, masih katanya, bukan berarti pemkab akan mengabaikan sektor-sektor lain seperti pendidikan, kesehatan, pertanian dan lain-lain. Seperti sektor pendidikan, tetap akan menjadi perhatian, apalagi mantan kepala dinas PU BM ini bertekad akan menjadikan kabupaten PALI sebagai pusat pendidikan. Demikian pula dengan sektor lainnya.

Heri juga berharap, agar masyarakat untuk bersabar bilamana dalam pembangunan 2014 masih banyak sektor atau daerah yang belum mendapat giliran pembangunan. Sebagai daerah otonomi baru, tentunya dana yang dimiliki ini masih terbatas sehingga perbaikan infrastruktur tidak mungkin dikerjakan dalam waktu satu tahun.

“Tidak mungkin semuanya akan beres dalam satu tahun. Kita bukan pesulap yang bisa merubah segalanya dalam waktu sekejap. Perubahan dan pembangunan tetap akan berjalan secara bertahap. Tapi percayalah, kami akan berusaha sekeras mungkin untuk menyelesaikannya,” ungkap Heri.

Untuk menyikapi keterbatasan dana APBD ini, pemkab saat ini juga mencoba mendapatkan tambahan baik dari APBD propinsi maupun APBN. Sehingga bisa mempercepat pembangunan di kabupaten PALI.

Heri mencontohkan, untuk tahun 2014 nanti beberapa pembangunan sekolah baru sudah diusulkan untuk dibiayai oleh dana APBN dan APBD propinsi. Demikian juga dengan perbaikan beberapa ruas jalan.

“Kita akan perjuangkan agar beberapa pembangunan dapat dibiayai oleh APBN dan APBD propinsi. Kita bertekad, harus mengejar ketertinggalan sehingga dalam beberapa tahun kedepan sudah sejajar dengan kabupaten/kota lainnya lainnya,” ungkap Heri optimis.

 

Teks/Foto : Indra Setia Haris

Editor : Junaedi Abdillah

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster