Penghuni LP Berhak Gunakan Hak Suara

 699 total views,  4 views today

Beberapa Warga binaan Lapas wanita sedang merajut salah satu kerajinan tangan yang ada di Lapas tersebut di Jl. Merdeka,Palembang,Beberapa Waktu lalu. Foto ; Bagus Kurniawan

Beberapa Warga binaan Lapas wanita sedang merajut salah satu kerajinan tangan yang ada di Lapas tersebut di Jl. Merdeka,Palembang,Beberapa Waktu lalu. Foto ; Bagus Kurniawan

PALEMBANG, KS-Berdasarkan data Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palembang, semua daftar pemilih tetap (DPT) yang invalid,  berasal dari penghuni penjara maupun lembaga permasyarakatan (LP).

Karenanya, dalam kunjungannya ke LP Perempuan di Jalan Merdeka, kemarin, anggota DPRD Sumsel dari daerah pemilihan (dapil) Sumsel, I meminta petugas LP memperhatikan masalah ini.

“Masalah ini terlihat sepele, tetapi sebetulnya sangat penting karena dapat mengakibatkan penghuni LP tidak bisa menggunakan hak suaranya pada pemilu April 2014 mendatang. Untuk itu, kami minta petugas terus berkoordinasi dengan KPU, jangan sampai hak mereka hilang,” ujar R A Anita Noeringhati SH MH, saat mengunjungi LP Perempuan di Jalan Merdeka, Senin (9/12).

Disinggung soal kondisi LP, Anita mengatakan, berdasarkan keterangan dari kepala LP diketahui kalau LP Merdeka ini tidak over kapasitas. Hanya saja, mereka membutuhkan bantuan anggaran untuk pembinaan dan untuk membangun ruang serbaguna yang lebih besar. ”Untuk usulan tersebut akan kita bicarakan lebih lanjut. Yang jelas mereka harus membuat proposal resmi agar lebih mudah untuk memperjuangkannya,” jelas Anita.

Sementara itu kepala lapas, Rachma Yanthy mengatakan kapasitas LP ini sekitar 305 orang, sementara penghuninya 217 orang yang terdiri dari napi sebanyak 185 orang dan tahanan 32 orang.

Untuk menghadapi pemilu, pihaknya terlah berkoordinasi dengan KPU Kota Palembang, dimana LP Merdeka ini nanti juga didirikan TPS, agar mereka tetap bisa menggunakan hak suaranya. Mengenai pembinaan untuk para napi, Rachma menjelaskan, saat ini pihaknya terus memberikan pembinaan meskipun dengan dana yang sangat terbatas. Adapun bentuk binaan yang telah dilakukan antara lain, menjahit, menari, salon, membuat roti dan lainnya.

” Kami juga telah bekerjasama dengan pihak ketiga untuk mebuat roti yang sekarang sudah dipasarkan dan lainnya,” ujar Rachma sembari mengatakan, kalau tarian yang disuguhkan kepada anggota dapil I, merupakan hasil binaan LP Merdeka

 

TEKS              : DICKY WAHYUDI

EDITOR         : IMRON SUPRIYADI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster