Pemohon Paspor Meningkat

 227 total views,  2 views today

Ilustrasi

Ilustrasi

PALEMBANG, KS-Menjelang akhir tahun 2013, permohonan pembuatan paspor meningkat. Bila biasanya per hari ada 140 berkas yang masuk, saat ini menjadi 200 berkas setiap harinya. Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Palembang, SM Godam mengatakan, peningkatan pembuatan paspor ini dikarenakan memasuki libur akhir tahun.

Kondisi ini menurutnya, memang selalu terjadi setiap tahun, dan tidak hanya pada Desember saja. ” Biasanya ada peningkatan permohonan kalau liburan semester, musim umroh, musim haji, dan sekarang ini menjelang akhir tahun,”ungkap Godam, Senin (9/12).

Godam menjelaskan, lonjakan pengajuan berkas ini kemungkinan berlangsung hingga 25 Desember. Hal tersebut dikarenakan masyarakat yang ingin bepergian ke luar negeri, masih memiliki waktu untuk pengajuan visa dan dokumen lainnya. “Sementara kalau sudah memasuki 25 Desember sampai 1 Januari, sudah puncak liburan,” jelasnya.

Menurutnya, rata-rata pemohon yang ingin membuat paspor bertujuan untuk berpergian ke dua negara tetangga, yakni Malaysia dan Singapura. “Apalagi sekarang dengan adanya maskapai yang memiliki destinasi langsung ke negara tersebut,”ujarnya.

Meskipun jumlah pemohon cukup banyak per hari, tetapi tidak membuat kondisi kantor imigrasi membludak. Karena antrian pemohon saat ini dipecah. ” Karena ada sistem pembayaran paspor secara online melalui BNI. Sehingga proses pembuatan paspor lebih mudah dan tertib,”akunya.

Godam menambahkan lagi, alasan pembayaran melalui BNI tersebut guna meminimalisasi aksi percaloan. Sistem ini sudah dilakukan secara nasional, dan berlaku mulai 25 November lalu di 50 kantor imigrasi di Indonesia.

Bagi pemohon yang telah mengajukan berkas, dapat langsung membayarkan biaya paspor diseluruh BNI, dan tersedia juga satu unit mobile BNI di samping kantor Imigrasi. “Untuk diketahui biaya pembuatan paspor sebesar Rp 255 ribu tambah administrasi Rp 5 ribu. Untuk proses selesainya, paling lambat tiga hari selesai wawancara,”tukasnya.

 

TEKS              : ALAM TRIE PUTRA

EDITOR         : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster