Okupansi Hotel Melambung di Pagaralam

 361 total views,  2 views today

Villa Wisata Gunung Gare

Villa Wisata Gunung Gare

PAGARALAM KS-Jelang perayaan Natal dan Tahun Baru 2014 nanti, diprediksi akan banyak pengunjung masuk ke Bumi Besemah ini. Mereka datang dari berbagai daerah, baik dalam rangka menikmati libur sekolah maupun libur akhir tahun  dengan membawa keluarga ataupun teman sekantor.  Akibatnya, tingkat hunian atau okupansi hotel dan penginapan yang ada di Kota Pagaralam meningkat drastic seperti tahun-tahun  lalu.

“Sejauh ini, tak ada satupun hotel, penginapan dan villa di Pagaralam yang kosong. Sejak dua bulan terakhir, para pengunjung sudah banyak yang mem-booking kamar,” kata Iwan pengurus Villa Wisata Gunung Gare, Senin (9/12).

Cetusnya, menjelang Hari Raya Natal dan Tahun Baru, sejak satu bulan terakhir sudah banyak yang memesan kamar untuk akhir pekan keempat bulan Desember nanti. Selain Hotel Besemah, termasuk pula Villa Eks MTQ di Kompleks Gunung Gare sudah penuh hingga 3 Januari 2014 mendatang.

“Hampir seluruh Villa dan Hotel di kawasan objek wisata Gunung Dempo, sejak seminggu ini sudah  banyak dihuni pengunjung  yang ingin berlibur di Pagaralam,” kata Iwan.

Senada dikatakan Nanang, pengurus Hotel Seganti Setungguhan mengatakan, semua kamar sudah penuh. “Awal Desember 2013,  pemesanan lumayan tinggi,” ujarnya.

Ia mengatakan, bukan hanya penginapan dan hotel di kawasan Gunung Dempo saja ramai pengunjung, tetapi termasuk pula di pusat kota pun sudah banyak terisi semua kamarnya seperti  Penginapan Putri Ayu, Hotel Telaga Biru, Hotel Darma Karya dan Hotel Mirasa.

“Alhamdulilah, para pengunjung yang akan menginap untuk liburan akhir tahun lebih banyak jika dibandingkan tahun lalu,” kata Nanang dengan nada sedikit optiomis.

Ismet, pengunjung yang membawa keluarganya dari Lampung mengaku beruntung masih dapat satu kamar. “Saya memesan kamar sejak satu bulan terakhir untuk mengajak keluarga berlibur di bawa kaki Gunung Dempo. Itupun berkat bantuan teman yang memesankan penginapan buat saya,” kata pria yang mengaku baru dua kali mengunjungi Bumi Besemah ini.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Pagaralam, Ibnu Hajar SE mengatakan, menjelang Natal dan tahun baru kali ini memang tingkat hunian hotel meningkat cukup baik. Apalagi agenda tahunan Pemkot Pagaralam dipenuhi berbagai kegiatan hiburan rakyat. “Kita patut berbangga, para pengunjung banyak tertarik  untuk menikmati pesona alam di Pagaralam,” katanya.

Ujarnya, sejauh ini pihaknya telah melakukan berbagai upaya untuk mendukung program pariwisata terutama membangun berbagai fasilitas pendukung, seperti membangun villa, hotel, jalan, dan infrastruktur di beberapa daerah yang dapat dijadikan sebagai tempat wisatawan berkunjung.

“Kendati demikian, pihaknya memaklumi adanya ketebatasan anggaran hingga menjadi persoalan serius dalam proses mempercepat pembangunan berbagai fasilitas umum terutama kawasan wisata terpadu yang ada di Bumi Besemah ini,” ujarnya.

 

TEKS       : ANTONI STEFEN

EDITOR : RINALDI SYAHRIL





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster