Dijamin Tak Ada Lagi Percaloan

 259 total views,  2 views today

Ilst.

Ilst.

*Di KPPT Palembang

PALEMBANG, KS-Kepala Kantor Pelayanan Perizinan Terpadu (KPPT) Kota Palembang, Diankis Julianto menjamin, kini tidak ada lagi praktik percaloan di KPPT. Menurutnya, adanya temuan Ombudsman, terkait dengan praktik percaloan dalam pelayanan di KPPT, telah diperbaiki.

“Ombudsman adalah seorang pejabat atau badan yang bertugas menyelidiki berbagai keluhan masyarakat. Temuan Ombudsman tersebut, sudah kami tindaklanjuti. Saya pastikan sekarang, tidak ada lagi praktik percaloan di KPPT,” jamin Diankis saat dibincangi, Senin (9/12).

Diankis mengatakan, adanya temuan dan teguran dari Ombudsman tersebut, langsung ditindaklanjuti dengan membuat peraturan. Dalam peraturan tersebut, untuk kepengurusan izin maka pemohon izin harus datang sendiri, tanpa boleh di wakilkan.   “Kami sudah buat aturan baru, untuk memastikannya kami telah mengumumkan ketentuan kepada masyarakat agar tidak mewakilkan pengurusan izin,” katanya.

Diankis menjelaskan, seandainya si pemohon izin saat pengurusan izinnya di KPPT hendak di wakilkan, maka harus melampirkan bukti hubungan keluarga berupa kartu keluarga (KK). “Selain itu, bagi perusahaan wajib mengikutkan surat tugas kepada staf, yang mengurus perizinan tersebut,” tegasnya.

Menurutnya, pihaknya secara rutin bersama Ombudsman berdiskusi untuk memastikan pelayanan berjalan baik dan sesuai aturan. Hal tersebut, untuk memastikan pelayanan secara baik. Jika ada kesalahan, maka akan di koreksi. ” Itu salah satu upaya KPPT untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, sesuai dengan aturan dan ketentuan prosedur standar operasional,” ujarnya.

Diankis menambahkan, berdasarkan prosedur dan standar operasional, waktu untuk penerbitan perizinan paling lama 15 hari. ” Ketika penerbitan izin, tergantung dengan SKPD, dan yang terlambat langsung dilakukan evaluasi,”tukasnya.

 

TEKS              : ALAM TRIE PUTRA

EDITOR         : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster