Siswa Dilarang Bawa Gadget

 196 total views,  2 views today

Ilustrasi Smartphone | Bagus Park

Ilustrasi Smartphone | Bagus Parkphone

PAGARALAM I KS-Upaya mengantisipasi  berbagai  dampak negatif yang dapat mempengaruhi siswa/i pada pemakaian gadget atau perangkat canggih teknologi  berupa ponsel seperti iphone atau Blackberry dan lainnya, pihak SDN 1 Pagaralam melarang seluruh siswa/i membawa perangkat dimaksud ke lokasi sekolah.

Terkait hal itu, Kepala SDN 1 Pagaralam, Sudarno SPd mengatakan,  sejauh ini kebutuhan terhadap berbagai fasilitas penyebar informasi memang sudah menjadi bagian utama keseharian masyarakat modern. Tidak terkecuali para siswa Sekolah Dasar (SD) termasuk di Pagaralam. Namun, selain sebagai alat komunikasi berbagai gadget canggih ini juga tidak menutup kemungkinan mendatangkan dampak negatif yang dapat mengganggu dan merusak anak-anak.

“Semua ini dilakukan bukan berarti kita anti teknologi canggih, melainkan untuk menghindari berbagai hal yang tidak diinginkan. Sebab itu, kami melarang siswa/i membawa ponsel ke sekolah,” kata Sudarno kemarin.

Ia mengatakan, khususnya anak-anak terutama dalam jam belajar, harus lebih fokus ke pelajaran. Namun, jika dibiarkan membawa ponsel di sekolah,  bukan tidak mungkin secara sembunyi-sembunyi malah asyik bermain dengan ponselnya.

“Lebih repot lagi, ketika ada siswa membawa ponsel mewah  lalu hilang di sekolah hingga  membuat pihak sekolah terfokus mencari barang tersebut,” ulasnya.

Hal senada juga diungkapkan Kepala SDN 33 Pagaralam, Ismet Faisal SPd. Ia sangat setuju penerapan larangan kepada siswa agar tidak membawa gadget, apalagi yang mahal.

“Terkadang hal itu menimbulkan kecemburuan sosial  bagi anak-anak yang tidak mampu. Padahal sekolah adalah tempat mendidik agar anak-anak dapat bertenggang rasa dan memiliki kepedulian terhadap sesama,” ujarnya singkat.

Terpisah, Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Kadisdikpora) Drs H Syafrani melalui Kabid Persekolahan Parliansyah ST,  mendukung kebijakan sekolah tersebut.

“Kami sepakat jika ada sekolah yang menerapkan larangan bagi siswa/i yang menggunakan alat-alat canggih dalam bentuk apapun untuk dibawa kesekolah. Semua ini dilakukan guna menghindari berbagai hal yang tidak diinginkan,” katanya.

 

TEKS : ANTONI STEFEN

EDITOR : ROMI MARADONA





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster