Wisata Sumsel ‘Terbunuh’ Zaman

 289 total views,  2 views today

Landmark Baru Kota Palembang | Bagus Park

Landmark Baru Kota Palembang | Bagus Park

PALEMBANG KS-Kaya potensi bukan berarti terkelola dengan baik. Sayang, seiring bertumbuhnya obyek wisata, wisata Sumsel pun ‘terbunuh’ zaman. Dalil pemerintah adalah wisata ini belum tergarap optimal.

Menurut anggota DPRD Sumsel, Budiarto Marshul, Sumsel perlu banyak belajar dalam pengelolaan wisata, dengan daerah-daerah lain di Indonesia seperti Jogjakarta, Bali dan Sumbar.

“Dalam pengelolaan wisata, kita kalah jauh dengan provinis lain di Indonesia seperti Jogjakarta, Bali dan Sumbar,” ungkapnya.

Jogjakarta misalnya sebut dia, secara potensi tidak berbeda jauh dengan Sumsel. Bahkan Sumsel kata Budi, lebih banyak objek wisatanya mulai dari wisata sejarah, alam, kuliner dan lainnya.

Namun dalam pengelolaanya, Sumsel kalah jauh. Itu menurut Budi, karena masyarakatnya sadar akan potensi wisata yang mereka miliki sehingga dimaksimalkan untuk meningkatkan pendapatan.

“Masyarakat Jogja, begitu ramah, terbuka dengan wisatawan. Mereka akan dengan senang hati, memberikan informasi objek-objek wisata,” ungkapnya.

Sementara masyarakat Sumsel, belum sampai ke tahapan tersebut. Artinya tegas Budi, inilah yang menjadi tugas pemerintah untuk mendidik masyarakat agar sadar wisata.

“Selain itu, tentu saja pemerintah harus lebih menggencarkan promosi, membuka destinasi wisata baru dan melengkapi sarana dan prasarana di objek wisata,” tukasnya.

 

TEKS : DICKY WAHYUDI

EDITOR : IMRON SUPRIYADI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster