Tambang Emas Tanpa Izin

 809 total views,  2 views today

tambang

Ilustrasi Tambang

MURATARA | KS- Banyak para penambang emas tradisional di Desa Suka Menang Kecamatan Karang Jaya, Kabupaten Musirawas Utara (Muratara) tidak mengantongi izin alias ilegal.

“Penambang emas ini adalah pekerjaan sambilan dan telah dikerjakan warga setempat secara turun temurun dan berlangsung cukup lama. Sebab itu, masyarakat enggan mengurus izin tambang,” demikian kata Camat Karang Jaya, Alwi Roham, Kamis (5/12).

Hanya ada satu tambang di Desa Suka Menang yang dikelola PT Dwinand Nusa Sejahtera (DNS) yang memiliki izin, selain dari pada itu semuanya yang dikelola oleh masyarakat setempat.

Namun sampai saat ini belum ada masyarakat setempat yang mencoba mengurus izin, padahal pihak pemerintah desa dan kecamatan sudah beberapa kali menghimbau agar para penambang liar atau bisa disebut ilegal mengurus izin,” kata Alwi Roham.

“Saya menyarankan pihak Perusahaan PT DNS agar merangkul masyarakat setempat untuk bekerja sama dalam hal melakukan penambangan emas. Pihak PT DNS menanggapi hal ini dengan serius, terbukti mereka lakukan dengan mempekerjakan beberapa masyarakat sekitar, termasuk memanfaatkan jasa kontraktor lokal,” ujarnya.

 

TEKS         : FAISOL

EDITOR   : RINALDI SYAHRIL





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster