Talang Jawa Kebanjiran

 281 total views,  2 views today

 

LAHAT KS-Akibat hujan yang deras mengguyur Kabupaten Lahat menakibatkan beberapa titik rawan banjir seperti daerah talang jawa, pasa lama dan pasar bawah tergenang oleh air hujan yang turun tidak redah-redah dari sore hingga tengah malam.

Ardi, warga Talang Jawa kepada Harian Umum Kabar Sumatera menyampaikan, apabila hujan terus mengguyur, maka dalam kurung waktu yang singkat maka daerah ini akan banjir, sebab beberapa saluran ayik apul tersumbat akibat sampah yang bersumpalan, dengan demikian air akan menguap dan menggenangi jalan sehingga masuk ke dalam perkarangan rumah sampai kedalam rumah.

Ia berujar, setelah hujan turun pastilah warga sibuk untuk mempersiapkan diri agar rumah mereka tidak kemasukan air hujan.

“Dulu tidak begini, banjir tidak separah ini, soalnya saluran air terlalu kecil sehingga tidak bias menampung dan mengalirkan air secara normal,” lanjutnya.

Dengan adanya banjir yang sudah terjadi berkali-kali didaerah talang jawa tersebut, membuat beberapa tokoh pemuda ikut khawatir, salah satunya ketua Gp.Ansor yang secara langsung memberikan bantuan seadaanya kepada korban banjir. ng selalu melanda Talang Jawa Lahat.

“Kita bisa mengurangi sedimentasi dengan cara mengeruk dasar saluran air, mengangkat penutup saluran air yang sekarangada disepanjang dua sisi jalan dari percetakan sobatindokreasi sampai ke panti asuhan putra Budi Mulia, menyiapkan pembuangan sampah disekitar saluran air dan yang paling terpenting kita harus meningkatkan kesadaran agar tidak membuang sampah sembarangan,” Jelas Ahmad Syahri Kurnianto.

 

TEKS                 : JUMRA ZEFERI 

EDITOR           : RINALDI SYAHRIL





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster