Dana BOS Belum Tetap Sasaran

 539 total views,  2 views today

bos

KAYUAGUNG | KS-Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) yang diterima sekolah baik SD maupun SMP diduga belum sepenuhnya digunakan sesuai peruntukan. Seperti untuk perehaban ringan gedung sekolah, kebersihan, pengecatan, dan biaya transportasi siswa.

Umumnya pihak sekolah hanya menggunakan dana tersebut hanya untuk SPP siswa, operasional ATK, dan lain sebagainya. Untuk biaya transportasi siswa sepertinya para siswa tidak menerima dana bantuan dari pemerintah pusat tersebut.

Bahkan, para orang tua siswa mengaku, tidak begitu tahu kegunaan BOS secara menyeluru, hal ini disebabkan dari pihak sekolah tidak pernah melakukan sosialiasi terkait kegunaan BOS secarta terperinci” sebenarnya secara umum kami tahunya BOS itu untuk biaya SPP siswa, selebihnya kami tak tahu kegunaanya” kata Fadil salah satu wali siswa yang anaknya bersekolah di SD dan SMP.

Tambah Erfani, seorang wali siswa mengemukakan, untuk pengadaan buku pelajaran biasanya bisa dari BOS, namun pihaknya heran pihak sekolah belum bisa mencukupi kebutuhan buku panduan belajar pada setiap siswa. Akibatnya buku paket terpaksa di fotokopi untuk menutupi kekurangan dari pihak sekolah

Kan katanya melalui BOS bisa untuk beli buku siswa, memang kenyataannya siswa dapat buku, tapi masalahnya satu buku untuk empat orang, jadi anak saya setiap belajar bergantian pinjam buku dengan temannya, terpaksa saya sebagai orang tua, memfotokopi buku tersebut” sebut Erpani.

Ia berujar, mengenai informasi tentang BOS digunakan untuk dana transportasi siswa, pihak tahu, karena menurut dia tidak ada sosialisasi terkait hal tersebut

” Nah, kalau untuk transportasi saya belum tahu,” ujarnya.

Kepala Dinas Pendidikan OKI melalui Kepala UPTD Teluk Gelam, Drs Marlian MM, dikonfirmasi terkait hal ini, mengatakan, untuk wilayah kerjanya jumlah penerima BOS sebanyak 2700 siswa lebih, dana tersebut diperuntukkan untuk kebutuhan operasional sekolah.

 

TEKS:DONI AFRIANSYAH

EDITOR:RINALDI SYAHRIL





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster