2014, Pagaralam Bidik PAD Rp 34 Miliar

 214 total views,  2 views today

apbd

PAGARALAM KS-Pendapatan Asli Daerah (PAD) Tahun 2014 ditargetkan meningkat menjadi Rp 34 miliar dari PAD sebelumnya Rp 30 miliar. Hal itu dikemukakan Kepala Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset (DPPKA)  H Haryanto, Jumat (6/12).

Menurutnya,  di tahun 2014 nanti PAD diprediksi meningkat sebesar 11, 44 persen bila dibandingkan target 2013  sebesar Rp30 milyar. Adapun target itu diharapkan berasal dari pajak daerah, retribusi daerah, retribusi jasa daerah, retribusi perizinan usaha tertentu,  dan lain-lain pendapatan daerah yang sah seperti jasa giro, tuntutan ganti rugi keterlambatan pekerjaan dan lainnya.

“Sejauh ini kita mempunyai cukup banyak penghasilan yang didapat dari, DPPKA,  Disdukcapil, juga PAD dari penerangan lampu jalan, pajak penerimaan perusahaan dan galian C dan pajak daerah lain seperti restoran hotel dan lainnya,” kata Haryanto.

Lanjutnya, ada juga penerimaan PAD dari hasil pengelolaan kekayaan daerah yang dipisahkan seperti bagian laba atas penyertaan modal pada perusahaan atau BUMN Bank SumselBabel, penjualan pupuk kompos, hotel Besemah Dempo serta jasa giro kas daerah.

“Ada sebagian lagi potensi garapan yang belum tergali dan dikembangkan. Bila kita bisa menggarap potensi tersebut bukan tidak mungkin target PAD Pagaralam 2014 dapat tercapai,” katanya seraya berujar untuk kedepan sumber baru peningkatan PAD, yakni berasal dari BPHTB, karena penggelolaannya secara efektif pada 2014 nanti  langsung dikelolah oleh Pemerintah Kota Pagaralam.

 

TEKS:ANTONI STEFEN

EDITOR:RINALDI SYAHRIL





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster