Tarif Retribusi Pasar Naik

 288 total views,  2 views today

Ilst. Retribusi

Ilst. Retribusi

*Dipertengahan 2014

PALEMBANG, KS-Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang, berencana akan menaikkan tarif retribusi harian pasar tradisional Palembang. Retribusi ini, akan ditarik oleh Perusahaan Daerah (PD) Pasar Palembang Jaya.

“Pengajuan Peraturan Wali Kota (Perwali), untuk menaikan tarif retribusi pasar sudah kami sampaikan ke Wali Kota Palembang,” ungkap Dirut PD Pasar Palembang Jaya, Apriadi Ces Busri, Kamis (5/12).

Menurut Apriadi, saat ini retribusi yang dikenakan bagi pedagang yakni sebesar Rp 5 ribu setiap pedagang. Hal tersebut sesuai dengan Perwali Nomor 12 tahun 2011.

“Adapun kenaikan tarif retribusi yang kami ajukan, sebesar Rp 2 ribu. Jadi jika itu menjadi perwali, retribusi yang akan ditarik ke pedagang menjadi Rp 7 ribu perharinya,” “jelas Apriadi.

Apriadi menyebutkan, Perwali tersebut baru bisa direalisasikan sekitar pertengahan 2014, karena untuk proses penggarapan Perwali tersebut membutuhkan waktu cukup lama. “Namun, apabila Perwali itu sudah disahkan, dan tidak memakan waktu lama, maka secara otomatis akan segera diterapkan sebelum pertengahan tahun 2014. Kita lihat saja nanti,”ujarnya.

Apriadi merinci, untuk retribusi harian pasar sebesar Rp 5 ribu, sedangkan untuk tahunan Rp 500 ribu. Selain itu menurutnya pedagang juga harus mengeluarkan uang sebesar Rp 2 ribu untuk jasa kebersihan, kemudian Rp 2 ribu untuk jasa keamanan pasar. “Jadi total pengeluaran pedagang saat ini sekitar Rp 9 ribu perhari.

Kenaikkan ini, tidak akan memberatkan pedagang karena berdasarkan data yang kami miliki, penghasilan para pedagang pasar cukup lumayan,” ujarnya.

Disinggung soal adanya pungutan liar (pungli) oleh oknum pegawai PD Pasar Palembang Jaya, Apriadi menyebutkan, pihaknya tidak mengetahui persoalan tersebut, karena menurutnya PD Pasar hanya menerima uang setoran sesuai dengan Perwali, yakni Rp 5 ribu perhari.

“Kami tidak tahu masalah tersebut, yang pasti jika kedapatan petugas kami yang melakukan pungli akan kami tindak tegas sampai dengan pemecatan,”tegasnya. Apriadi menambahkan, adanya pengajuan Perwali tentang kenaikan retribusi harian pasar tersebut, untuk meningkatkan Pendapat Asli Daerah (PAD).

“Ini sesuai dengan intruksi wali kota agar PAD dari PD Pasar naik, setinggi-tingginya,”ujarnya. Sebelumnya, Wali Kota Palembang, Romi Herton mengatakan, peningkatan PAD menjadi salah satu fokus kinerja pemkot untuk tahun 2014 mendatang. “PAD Pasar ini pendapatannya dapat naik, kesempatan itu ada. Saya kira apabila dikerjakan, dilaksanakan dan diawasi dengan baik Insya Allah peningkatan PAD akan tercapai,” tukasnya.

 

TEKS : ALAM TRIE PUTRA

EDITOR : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster