Istri Romi Herton diperiksa KPK

 352 total views,  2 views today

KPK

KPK

*Terkait Dugaan Suap MK

PALEMBANG | KS- Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), terus mendalami kasus dugaan penyuapan sengketa pemilukada di Mahkamah Konstitusi (MK), yang dilakukan mantan Ketua MK, Akil Mochtar. Setelah sebelumnya Wali Kota Palembang, Romi Herton dan sejumlah pejabat Pemkot Palembang lainnya.

Kini, giliran giliran istri orang nomor satu di Palembang, Masyito Romi Herton yang diperiksa. Masyito, diperiksa sebagai saksi terkait kasus tersebut. ” Memang benar ada pemeriksaan Masyito sebagai saksi, terkait kasus mantan Ketua MK, AM,” ungkap Juru Bicara (Jubir) KPK, Johan Budi, saat di hubungi via ponselnya, Kamis (5/12).

Johan mengatakan, pemeriksaan terhadap Masyito tersebut dimulai dari pukul 10.00 WIB hingga 17.00 WIB.

Menurut Johan, Pemeriksaan yang dilakukan terhadap saksi atas nama Masyito tersebut, sebagai pelengkap berkas penyidik yang sebelumnya telah memeriksa beberapa pejabat di Pemkot Palembang.

“Untuk kepentingan melengkapi berkas penyidik, Masyito kita mintai keterangan,”ujar Johan seraya mengatakan, ia tidak mengikuti proses pemeriksaan karena sedang mengikuti seminar.

Sebagai informasi, sebelumnya KPK telah menggeledah rumah pribadi dan rumah dinas Wali Kota Palembang, Romi Herton terkait kasus Akil Mochtar. Dari penggeledahan itu, KPK menyita tiga unit ponsel, berkas terkait Pemilukada Palembang dan bukti transfer uang senilai Rp 500 juta, dari rekening milik istri Romi.

Sementara, Akil Mochtar ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus dugaan suap sengketa pilkada di MK, KPK juga menetapkan Akil sebagai tersangka tindak pidana pencucian uang.

Diduga, banyak aset akil yang berasal dari hasil tindak pidana korupsi. Akil dijerat dengan dua undang- undang tindak pidana pencucian uang yang berbeda, yakni UU Nomor 8 Tahun 2010 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang serta UU Nomor 15 Tahun 2002 tentang Tindak Pidana Pencucian Uang.

 

TEKS : ALAM TRIE PUTRA

EDITOR : ROMI MARADONA





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster