Harga Elpiji 13 Kg Masih Stabil

 266 total views,  2 views today

Tabus Gas Elpiji 12 Kg | Bagus Park

Tabus Gas Elpiji 12 Kg | Bagus Park

PALEMBANG | KS-Sejak tahun lalu, PT Pertamina sudah menggulirkan rencana menaikkan harga gas elpiji non subsidi atau 12 kg. Namun berkali-kali di tolak pemerintah dan DPR.

Wacana yang digulirkan Februari 2013, Pertamina berencana menaikkan harga gas elpiji sebesar Rp 25.400 per tabung atau menjadi Rp 95.600 per tabung. Tapi rencana ini akhirnya urung dilakukan lantaran pada saat bersamaan PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) juga berencana menaikkan tarif dasar listrik (TDL).

Pertamina pun menuruti saran pemerintah dengan menunda rencana kenaikan harga gas elpiji agar tidak semakin memberatkan masyarakat.

Pekan ini Perusahaan energi pelat merah ini mengaku telah mengalihkan biaya distribusi gas elpiji non subsidi ukuran 12 kilogram (kg) ke konsumen di Jawa pada 1 Desember 2013.

Menurut Direktur Pemasaran dan Niaga Pertamina Hanung Budya seperti dikutip dari republika, besaran harga beban angkut yang dialihkan ke konsumen bervariasi disesuaikan oleh jarak. Pergeseran beban distribusi itu pun membuat harga satu kilogram tabung naik di kisaran Rp 300-Rp 600 atau setara Rp 3.600-7.200 per kg.

Meski demikian khususnya di Kota Palembang belum ada tanda-tanda kenaikan gas elpiji. Menurut Senior Pengawas Hubungan Eksternal PT Pertamina Pemasaran Daerah Operasi II, Alicia Irzanova, harga gas elpiji untuk bulan depan tidak ada kenaikan.

“Saya sangat terkejut saat di mendengar adanya isu kenaikan gas elpiji, menurutnya untuk gas ukuran 3 kilogram dan 12 kilogram tidak mengalami kenaikan,” kata Alice, melalui SMS yang ia kirimkan, Kamis (5/12).

Menurutnya desas-desus kenaikan harga gas elpiji itu tidak benar, sebab saat ini harga dipasaran masih stabil. Namun apabila ada kenaikan pasti pihaknya sudah memberitahukan kepada agen-agen penjual gas elpiji.

Sedangkan Yamin Salah satu pedagang elpiji yang berada di kawasan Sekip mengungkapkan untuk harga elpiji sekarang tidak mengalami kenaikan. beredarnya isu tentang kenaikan elpiji, menurutnya dia tidak mengetahui sama sekali.

“Untuk harga elpiji tidak ada kenaikan, seperti harga elpiji ukuran 3 kilogram berkisar Rp18.000 sedangkan untuk harga elpiji ukuran 12 kilogram Rp80.000,” katanya saat diwawancarai Kabar Sumatera.

Menurut Yamin, biasanya menjelang Natal dan Tahun Baru biasanya akan mengalami kenaikan. “Ya saya berharap agar harga elpiji tetap stabil dan tidak mengalami kenaikan,” ujarnya.

Sedangkan Asrun pedagang elpiji di Jalan Swadaya Kecamatan kemuning Palembang mengatakan, untuk harga elpiji masih stabil dan tidak mengalami kenaikan. Namun apabilah ada kenaikan harga gas elpiji biasanya pihaknya sudah menerima laporan dari pihak agen.

“Harga elpiji masih tetap stabil tidak ada kenaikan, mengenai desas desun tentang kenaikan harga saya tidak mengetahui,” ungkpnya.

 

TEKS : AMINUDDIN

EDITOR : ROMI MARADONA





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster