Empat Pajak Belum Capai Target

 197 total views,  2 views today

Ilst. Pajak Online

Ilst. Pajak Online

PALEMBANG, KS-Berdasarkan data dari Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Palembang, sampai dengan Oktober lalu, dari 11 objek pajak ada empat objek pajak yang belum capai target. “Empat pajak tersebut adalah, pajak reklame, pajak sarang burung walet, pajak mineral bukan logam dan batuan, serta bea perolehan hak atas tanah dan bangunan (BPHTB) ,”ungkap Kepala Dispenda Palembang, Agus kelana melalui Sekretaris Dispenda Palembang, Bukman Lian, Kamis (5/12).

Bukman menyebutkan, untuk pajak reklame saat ini baru terealisasi 72,2 persen dari target Rp 9,2 miliar. Sementara pajak sarang walet, baru terealisasi 53,53 persen dari target Rp 50 juta. Kemudian pajak mineral bukan logam dan batuan, baru terealisasi 60 persen dari target Rp 1 miliar. Yang terakhir pajak PBHTB, baru terealisasi 77 persen dari target Rp 80 miliar.

“Masih minimnya pencapaian target tersebut, dikarenakan kurang sadarnya wajib pajak. Namun walaupun pencapaian 4 pajak tersebut masih minim, kami akan berusaha semaksimal mungkin untuk merealisasikannya sampai tutup tahun 2013 ini,”ujarnya.

Bukman mengatakan, upaya Dispenda untuk mewujudkan hal tersebut diantaranya dengan cara mendatangi wajib pajak agar membayar tagihan sesuai dengan ketentuan. “Selain itu kami juga koordinasi dengan pihak terkait terus digalakkan, seperti Satpol PP dan Dinas Tata Kota, khususnya untuk penertiban pajak reklame,”ujarnya.

Sementara untuk realisasi pajak sarang burung walet yang masih rendah menurutnya dikarenakan, banyak pengusaha walet yang merugi karena turunnya harga jual. “Padahal targetnya hanya Rp 50 juta, berbagai alasan pengusaha walet tidak membayar pajak, misalnya jatuhnya nilai jual walet Palembang dan lain sebagainya, sehingga menyebabkan target pajak walet belum tercapai,”tukasnya.

 

TEKS : ALAM TRIE PUTRA

EDITOR : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster