Ribuan e-KTP Hilang

 358 total views,  2 views today

ektp

PALEMBANG, KS-Ribuan kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP) milik warga Kota Palembang, hilang. Menurut Kepala Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Palembang, Ali Subri melalui Kepala Bidang (Kabid) Data dan Evaluasi, Junaidi, ada 2.200 warga yang melaporkan e-KTP miliknya hilang.

Hilangnya e-KTP milik warga tersebut menurut Junaidi, belum bisa dipastikan kapan akan diganti. Untuk penggantiannya pun sambungnya, harus melalui proses yang panjang. “Warga yang melaporkan e-KTP nya yang hilang, untuk penggantiannya harus melapor ke kepolisian lebih dahulu. Setelah itu, akan dibuatkan KTP sementara di kecamatan,” katanya ketika dibincangi, kemarin.

Sementara untuk penggantian e-KTP sambungnya, setelah ada laporan dari warga ke Disdukcapil, barulah pihaknya ke Jakarta. Setelah mendapatkan persetujuan dari Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk penggantian e-KTP, barulah warga bersangkutan kembali melakuan foto ulang kemudian mendapatkan e-KTP yang baru.

“Namun kita tidak bisa memastikan, kapan e-KTP pengganti itu bisa diberikan. Sebab pencetakan e-KTP untuk warga yang sudah melakukan rekam data saja, belum selesai. Karenanya kita menghimbau warga, untuk berhati-hati menyimpan e-KTP miliknya agar tidak hilang,” himbaunya.

Ia juga menerangkan, Pemkot akan mengratiskan biaya administrasi untuk pembuatan akta bagi warga negara asing (WNA). Karenannya ia menghimbau WNA di Palembang, untuk aktif mendaftarkan diriperubahan nama dan status.

TEKS               :  ALAM TRIE PUTRA

EDITOR          : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster