Logistik Pileg, 15 Desember Sudah di Kab/Kota

 232 total views,  2 views today

Ilst. Kotak Suara

Ilst. Kotak Suara

PALEMBANG, KS-Logistik untuk Pemilihan Umum Legislatif (Pileg) 9 April 2014, dipastikan akan tiba di kabupaten dan kota di Sumsel pada 15 Desember mendatang. Hal itu disampaikan Sekretaris KPU Sumsel, AM Daud ketika dibincangi di sela-sela rapat paripurna DPRD Sumsel, Rabu (4/12).

“Mulai 6 Desember, sudah dilakukan pencetakan oleh pihak pemang tender, dan 15 Desember batas akhir logistik tersebut, sudah sampai di KPU kabupaten/kota se-Sumsel,” kata Daud.

Menurut Daud, KPU Sumsel sudah melakukan pelelangan logistik Pileg 2014, yaitu sampul, bilik dan kotak suara. Dimana sampul dilakukan oleh PT Pagum di Solo, sementara bilik dan kotak suara yang terbuat dari kardus kedap air dikerjakan PT Peruri di Surabaya, yang mana jumlahnya sesuai dengan jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Sumsel sebanyak 17.906 buah. “Jumlahnya tidak lebih seperti surat suara, tetapi jika ada yang rusak atau tidak layak maka akan diganti segera oleh pihak percetakan,”bebernya.

Daud menambahkan, pagu anggaran yang digunakan dalam logistik tersebut sebesar Rp 6,8 Miliar yang masuk anggaran APBN 2013, dengan rincian Rp 4 miliar untuk sampul dan Rp 2,8 miliar untuk bilik dan kotak suara. “Tanggal 15 Desember itu merupakan batas akhir pencairan dana pada anggaran 2013, jadi setelah itu masuk pada anggaran 2014,”ujarnya.

Lebihlanjut Daud berharap, KPU  kabupaten/kota bisa menampung logistik tersebut. ” Kita akan tanya ke KPU kabupaten/kota untuk menyiapkan tempat untuk menampung logistik tersebut,” jelasnya.

Sementara untuk kelengkapan logistik TPS nanti, seperti bantal dan alat coblos serta fomulir, Daud menuturkan KPU Sumsel akan melakukan pelelangan kembali pada Januari 2014, dengan menggunakan dana dari APBN 2014.

“Nanti fomulir, bantal dan alat coblos akan kembali di lelang pada Januari 2014, semua kelengkapan Pileg 2014 akan dilakukan KPU Sumsel, kecuali surat suara dilakukan KPU RI,”tukasnya.

TEKS              : DICKY WAHYUDI

EDITOR         : IMRON SUPRIYADI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster