Distribusi Logistik Awal Maret 2014

 303 total views,  2 views today

LAHAT KS-Pendistribusian logistik surat suara serta kelengkapan Pemilihan Calon Leislatif (Pilcaleg) akan dilakukan pada awal maret mendatang, logistik ini akan disimpan oleh pihak KPU dalam kotak suara emilihan Bupati dan Wakil Bupati yang telah dikosongkan beberapa waktu lalu.

Pengosongan kotak suara ini dilakukan langsung Ketua KPU Lahat, Darsi Elyanto serta anggota Polres Lahat. Kelengkapan baik surat suara pasca pesta demokrasi lalu, alat pelengkap, berita acara, serta logistik yang berada di dalam kota, dikosongkan dan dipindahkan ke tempat lain.

“Ini merupakan persiapan pemilihan legislatif yang tahapannya kita perkirakan tiga bulan lagi. Termasuk mempersiapkan logistik yang sebelumnya kita simpan di gudang,” tegas Darsi usai pengosongan ratusan kotak suara di KPU Lahat, Rabu (4/12).

Dikatakannya, pihak Polres Lahat sudah dikoordinasikan untuk mengawasi gudang tempat sisa surat suara Pilgub Sumsel dan Pilbup lahat yang tidak terpakai. “Secara hukum, surat suara tersebut sudah tidak berlaku lagi. Sekarang, barang yang merupakan milik negara ini harus disimpang sesuai dengan mekanisme yang ada. Sedangkan kotak suaranya bisa kita gunakan untuk Pileg,” ungkapnya.

Kata Darsi, logistik yang akan digunakan pada Pemilu 2014 mendatang masih dalam kondisi baik. Meskipun logistik yang digunakan bekas pesta demokrasi sebelumnya, namun KPU Lahat merasa belum perlu mengusulkan penambahan logistik baru. Kendati masih terdapat kotak suara yang agak rusak, pihaknya masih membutuhkan kotak suara tersebut, untuk dipilah apakah masih layak pakai atau harus diganti dengan kotak suara baru.

Mengenai surat suara yang akan digunakan dalam Pileg, Darsi mengaku belum mendapatkan petunjuk dari KPU RI meski jenis dan bentuknya sudah diatur dalam Peraturan KPU.

“Teknisnya kita serahkan kepada KPU RI . Yang jelas, distribusi logistic sudah dilakukan awal maret dan sebelum hari pencoblosan, semua sudah sampai ke tangan TPS di seluruh desa di Lahat,” katanya.

Soal berapa jumlahnya, ia menjamin akan sesuai dengan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) Lahat ditambah 2,5 persen surat cadangan. Menurutnya, jumlah tersebut tidak akan lebih ataupun berkurang selembar pun. Jika memang nantinya, setelah dilakukan penyortiran ditemukan lembaran yang rusak, robek, ataupun gambar kandidat tidak jelas, KPU Lahat akan menulis berita acara kerusakan dan mengirim kembali surat  suara yang dinyatakan rusak tersebut.

Sementara, Kapolres Lahat AKBP Budi Suryanto pun menjamin pengamanan mulai dari pendistribusian logistik mulai dari provinsi, kabupaten hingga ke TPS. Tak hanya itu, sejumlah petugas dengan sistem pengamanan bergantian juga masih tetap disiagakan di Sekretariat KPU Lahat setiap hari.

“Kita ingin pelaksanaan pesta demokrasi di Lahat tetap berjalan kondusif dan aman,” sebutnya.

 

TEKS/FOTO:JUMRA ZEFRI

EDITOR:RINALDI SYAHRIL





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster