Ribuan Atribut Langgar Aturan

 215 total views,  2 views today

Atribut kampanye Caleg yang Menghiasi Komplek Pasar Sekanak Palembang | Foto : Bagus Park

Atribut kampanye Caleg yang Menghiasi Komplek Pasar Sekanak Palembang | Foto : Bagus Park

PALEMBANG, KS-Meskipun zona pemasangan alat peraga kampanye sudah di tetapkan, namun masih ada saja, calon legislatif (caleg) yang melanggar aturan. Bahkan, tidak kurang dari 1700 atribut kampanye, di laporkan telah melanggar aturan zona kampanye tersebut.

Hal ini diungkapkan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palembang, Eftiyani, ditemui di sela-sela penetapan daftar pemilih tetap (DPT) di gedung KPU Sumsel, Selasa (2/12).

Dikatakannya, 1700 atribut kampanye yang melanggar itu, hasil temuan Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Palembang, yang sudah dilaporkan ke KPU Kota Palembang. “Kita sudah menerima surat rekomendasi dari Panwaslu Kota Palembang yang berisi ada sekitar 1700 atribut kampanye yang dipasang diluar zona kampanye,” kata Eftiyani.

Ia menuturkan, setelah menerima rekomendasi itu, KPU Palembang secepatnya akan rapat dengan Panwaslu, Pol PP dan dinas perhubungan (Dishub) kota Palembang, untuk melakukan penertiban.

“Kita juga akan koordinasi dengan partai politik (Parpol) terkait hal, termasuk juga dengan pemkot Palembang, dalam hal ini, Sat Pol PP,” ujarnya.

Di sisi lain katanya, terkait pemasangan stiker di angkutan umum atau angkutan kota (angkot), KPU Palembang juga secepatnya akan berkoordinasi dengan Panwaslu Palembang.

“Kita akan koordinasi juga dengan Dishub, soal stiker di angkot, karena pemasangan stiker di angkot memang tidak diatur di peraturan KPU (PKPU). Dalam PKPU, hanya disebutkan, pemasangan stiker itu tidak dibolehkan di fasilitas milik pemerintah, seperti kendaraan milik BUMN dan BUMD,” tukasnya.

TEKS              : DICKY WAHYUDI

EDITOR         : IMRON SUPRIYADI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster