Pertama di Sumatera Mura Gelar Pilkades e-Voting

 361 total views,  2 views today

Ilustrasi E-Voting

Ilustrasi E-Voting

MURA, KS-Pemilihan kepala desa (Pilkades) Taba Renah, Kecamatan Selangit, Kabupaten Musi Rawas (Mura), 5 Desember mendatang akan berbeda dengan pilkades lainnya yang digelar di Sumatera Selatan (Sumsel), bahkan di Sumatera.

Pasalnya pelaksanaan Pilkades tersebut, akan digelar dengan menggunakan sistem elektronik atau e-voting. Ini akan menjadi Pilkades dengan sistem e-voting pertama di Sumatera. Di hari yang sama menurut Sekretaris Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPDMura, Sutarmin, juga akan digelar Pilkades dengan sistem e-voting di Desa U2 Karyadi, Kecamatan Purwodadi.

“ Namun launching penggunaan e-voting dalam pilkades ini akan dilaksanakan di Desa Taba Rena,” kata Sutarmin ketika dibincangi di kantornya di kompleks Agropolitan Center, Muara Beliti, Mura, Selasa (3/12).

Saat ini jelasnya, peralatan  dan personil pelaksanaan e-voting tersebut sudah dipersiapkan oleh tim teknis, tim kelola dan tim logistik. Tim tersebut menurut Sutarmin, adalah tim gabungan dari sejumlah Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dilingkungan Pemkab Mura seperti dari Dinas Perhubungan,  Komunikasi dan Informasi (Dishubkominfo), Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) dan Bagian Humas Setda Pemkab Mura.

Diterangkan Sutarmin, pelaksanaan pilkades e-voting tersebut di Mura sudah ada dasar hukumnya yakni Peraturan Daerah (Perda) Mura tentang pilkades yang merupakan hasil revisi raperda sebelumnya.

Apakah sistem e-voting ini, akan diterapkan disemua pilkades di Mura? Sutarmin, belum bisa memastikannya. “ Kita akan melihat kesiapan desa yang akan melaksanakan pilkades, apakah akan memakai sistem manual atau e-voting,” bebernya.

“Semua pilkades kedepan tidak mesti e-voting, bisa saja masih manual, tergantung kesiapan dan permintaan dari panitia pilkades. Sedangkan kita, sifatnya memfasilitasi apakah memakai manual atau e-voting,” ucapnya.

Untuk peralatan sendiri bebernya, saat ini Pemkab Mura sudah memiliki enam unit alat e-voting. Sementara yang terpakai pada pelaksanaan pilkadas di Desa Taba Renah dan Desa U2 Karyadi, hanya dua unit.

Dalam kesempatan tersebut ia juga menerangkan, saat launching e-voting dalam pilkades di dua desa di Mura, 5 Desember mendatang akan dihadiri Kepala Badan Pengembangan dan Penerapan Teknologi (BPPT), Dr Ir Marzan Aziz Iskandar dan Deputi Bidang Teknologi Informatika, Energi dan Material, Dr Unggul Prayitno serta Direktur Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi, Dr Ir Hamam Riza, M Sc.

BPMPD Sumsel, juga akan hadir dan telah menginstruksikan kepada semua BPMPD/BPMPK kabupaten dan kota di Sumsel, untuk datang melihat langsung pelaksanaan pilkades e-voting yang pertama di Sumatera dan ketiga di Indonesia setelah Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah dan Kabupaten Jembrana, Bali.

TEKS              : FAISOL

EDITOR         : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster