Butuh Rp 1 T untuk Perbaikan Jalan

 43 total views,  3 views today

Jalan Rusak | Bagus Park

Jalan Rusak | Bagus Park

PALEMBANG, KS-Perbaikan dan peningkatan jalan provinsi di Sumatera Selatan (Sumsel),  diperkirakan membutuhkan dana hingga Rp 1 triliun. Namun, yang dianggarkan di 2014 hanya setengahnya saja, sebesar Rp 500 miliar.

Anggota Komisi IV DPRD Sumsel, Nofran Marjani ditemui di ruang kerjanya, Selasa (2/12) mengatakan, dana Rp 500 miliar itu, merupakan alokasi anggaran untuk Dinas PU Bina Marga (PU BM) Sumsel yang diperuntukkan bagi perbaikan jalan provinsi di Sumsel.

“Untuk memuluskan jalan di Sumsel, butuh dana Rp 1 triliun. Sekarang yang dianggarkan hanya setengahnya Rp 500 miliar. Dana ini, bahkan berkurang dari alokasi di tahun sebelumnya sebesar Rp 750 miliar,” kata Nofran.

Politisi Partai Gerindra ini menambahkan, alasan pengurangan alokasi anggaran itu, karena dana bagi hasil Pemprov Sumsel yang sudah tiga tahun tidak dibagikan ke kabupaten/kota, di tahun 2014 akan kembali dibagikan.

Namun kata Nofran,  pengurangan anggaran ini, tidak akan mengganggu perbaikan jalan di Sumsel, karena rencananya khusus untuk tiga dinas yakni, Dinas PU BM, Dinas Kesehatan (Dinkes) dan PU Cipta Karya (PU CK), akan diberlakukan pembayaran tahun jamak.

Artinya terang Nofran, perbaikan jalan tetap akan dilakukan menyeluruh, tetapi pembayarannya menggunakan dana tahun jamak atau dibayarkan lebih dari satu tahun. “Intinya, perbaikan jalannya dilakukan di tahun 2014, tetapi pembayarannya dilakukan di tahun 2015.  Rencana ini masih dalam pembahasan oleh Banggar,  namun, pada prinsipnya kita setuju saja, asal tidak melanggar,” ungkapnya.

Menurut Nofran, peningkatan jalan milik provinsi akan dilakukan menyeluruh, tetapi yang mendapat perhatian khusus seperti di kabupaten OKU Selatan, Lahat, Musi Banyuasin, dan Tanjung Api-api (TAA).

TEKS              : DICKY WAHYUDI

EDITOR         : IMRON SUPRIYADI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development by oktopweb.com