Pagaralam Tuan Rumah Kemah Nasional

 1,387 total views,  2 views today

pagaralam

PAGARALAM KS-Kemah  kerja bakti pramuka (Kartika),yang  diikuti Dewan Racana IAIN Sumatera dan Pulau Jawa mengambil lokasi di Dusun Kerinjing, Kecamatan Dempo Utara. Kota ini pun bersiap menjadi tuan rumah kemah Kartika tingkat Nasional.

Pada perkemahan Kartika ini diikuti sebanyak 116  peserta terdiri dari IAIN, UIN,  pelajar, dan Gudep dari berbagai daerah. Untuk pesertanya ada juga  Polri STAIN  Kota Solok Sumatera Barat, UIN Provinsi Aceh, Bengkulu, IAIN Raden Fatah Palembang, IAIN Lampung, IAIN Sarolangon, PGRI Palembang, SMA Tanah Abang Banyu Asin, STKIP Lahat, Polresta Palembang, dan Kota Pagaralam.

Ketua Kwarcab Pagaralam Drs Safrudin Msi mengatakan, pihaknya sudah bersinergi melaksanakan tupoksinya dengan baik.

“Jajaran Pemerintah Kota Pagaralam pada kesempatan ini mengajak seluruh Pramuka membersihkan Pagaralam bebas dari sampah, mengadakan kerja bakti besar-besaran sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat,” katanya.

Tegasnya, melalui gerakan Pramuka Pagaralam ini jangan hanya terkesan teori saja. Pagaralam banyak sampah di pinggir jalan, drainase, kawasan pemukiman, sekolah, pasar dan lainnya. Sebab itu, mari buktikan kepada masyarakat bahwa Pramuka juga mampu membersihkan.

“Selain membersihkan sarana umum, kita juga menggelar kegiatan bakti fisik seperti pembuatan ‘Kuduk’ (Pisau Besemah-red), pagar, rehabilitasi balai desa. Sedangkan bakti non fisik, kita menggelar penyuluhan kesehatan dengan menerjunkan 4 tenaga kesehatan. Kemudian melakukan penyuluhan bahaya penyalagunaan narkoba, pelatihan hotif, pengukuran arah kiblat, pemandian jenazah dan lainnya,” ungkapnya.

Ketua Panitia Kerja Bakti Pramuka Mujiyanto,  mengatakan, kegiatan Kartika XVIII sejak tanggal 1-10 Des 2013 diikuti sedikitnya 116 peserta dari sejumlah daerah yang terdiri dari pelajar, mahasiswa, akademisi, PNS, TNI/Polri dan swasta.

“Selain menggelar kerja bakti, kita mengajak seluruh peserta untuk mengunjungi wisata alam yang ada di Bumi Besemah ini seperti objek wisata Sejarah, Pabrik Teh PTPN VII, Wisata Curuf Embun. Wisata alam ini akan dimulai sejak 8-9 Desember dengan dibagi dua tim yakni Tim Raden Fatah dan Nyi Ageng Malaka,” ucapnya seraya berkata pihaknya juga menggelar kegiatan religi seperti pengajian, perlombaan TPA, kaligrafi, busana muslim, hapalan ayat pendek dan kegiatan karang taruna.

Kegiatan Kemah Kartika yang dibuka Wakil Wali Kota Pagaralam Novirzah SE di Lapangan SDN 34 Dusun Kerinjing, Kecamatan Dempo Utara, Senin (2/12) ini juga dihadiri Sekda sekaligus Kwarcab Pagaralam Drs Safrudin, Kasat Bimas Polresta Pagaralam AKB Budi Yuspansi, Pembina Gudep IAIN Raden Fatah Palembang Leni Patrida Sumarni, Kwarda Sumsel Kemas Badarudin, Rektor IAIN Burhan, Kapolsek Dempo Utara Iptu Murshal, Kakwaran Dempo Utara Dadai.

TEKS : ANTONI STEFEN

EDITOR : RINALDI SYAHRIL





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster