Guru Sambut Peningkatan Uang Transport Guru

Ilustrasi Guru Sedang Mengajar Murid | Foto : Bagus Park

Ilustrasi Guru Sedang Mengajar Murid | Foto : Bagus Park

PALI | KS –Rencana peningkatan tunjangan transport guru honor hingga tiga kali lipat di Kabupaten PALI mendapat respon positif dari berbagai kalangan.

Ketua Pengusrus Daerah (PD),  Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI), Kabupaten PALI,  Drs Zahri Gusniarto saat dibincangi Kabar Sumatera di Talang Ubi, Senin (2/12), sangat menyambut baik rencana tersebut.

Menurutnya, kebijakan tersebut merupakan bentuk perhatian yang kalkukan Pemkab Pali dalam meningkatkan kesejahteraan para guru.

“Ya, kami sangat berterima kasih kepada bupati. Ini merupakan bukti keseriusan beliau dalam meningkatkan kesejahteraan guru sekaligus meningkatkan mutu pendidikan,” kata Agus, panggilan akrabnya.

Meski demikian, sambung Zahri, dirinya masih mengkhawatirkan kurangnya data guru honor yang ada di Kabupaten PALI. Sebab, data jumlah guru honor masih menjadi kendala. Banyaknya guru yang mengajar dibeberapa sekolah sekaligus akan menyebabkan tumpang tindih pemberian honor tersebut.

“Data pasti jumlah guru honor itu sendiri belum valid. Saya pikir data ini dulu yang harus dibereskan dengan segera,” tegas Zahri.

Hal yang sama juga diungkapkan guru senior di Kabupaten PALI, Drs H Soemarjono. Menurutnya, pihak Pemkab Pali harus mendata kembali nama guru honor agar tidak terjadi tumpang tindih.

“Kalau benar demikian harus dibereskan dulu, jangan sampai terjadi pemborosan. Masih banyak kebutuhan lain di kabupaten kita yang baru ini,” jelas Soemarjono.

Soemarjono juga menyarankan agar pemkab juga mempertimbangkan jumlah anggaran yang akan dikucurkan untuk pendidikan tersebut.

“Kita sangat mendukung, namun para guru juga saya minta mengerti, kebutuhan pendidikan itu bukan hanya untuk bayar honor semata,” jelasnya.

Dengan adanya peningkatan pendapatan, Soemarjono berharap para guru juga meningkatkan komitmen dan profesionalisme dalam mengajar.

“Ingat mas, jadi guru itu tidak mudah dan tidak sembarang orang bisa jadi guru yang baik,” tutup Soemarjono.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, penjabat Bupati PALI Ir H Heri Amalindo MM dalam peringatan hari guru jumat lalu menyatakan akan meningkatkan gaji guru honor sampai tiga kali lipat. Pernyataan itu disampaikan Heri dihadapan para guru se- Kabupaten PALI.

Teks/Foto : Indra  Setia Haris

Editor : Junaedi Abdillah

 




Leave a Reply

Your e-mail address will not be published. Required fields are marked *

Web development by oktopweb.com