PGRI Sumsel Adakan Pelatihan PTK

 145 total views,  2 views today

PGRI-(3)

Dr. Nila Kesumawati, M.Pd, saat menyampaikan materinya di depan para peserta. Foto ; Iwan Cheristian KS

PALEMBANG | KS-Dalam rangkaian peringatan Hari Guru Nasional (HGN) dan Hari Ulang Tahun Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) ke 68, persatuan guru PGRI Sumatera Selatan memberikan pelatihan terhadap guru mulai dari Guru Taman Kanak-kanak (TK) hingga Guru Sekolah Menegah Atas (SMA) se-kota Palembang.

Pelatihan yang di gelar ialah pelatihan Tindakan Kelas (PTK) serta elemen perubahan kurikulum 2013.

Wakil Ketua PGRI Sumsel, Drs. H. Bukman Lian, MM, MSi mengatakan, Kegiatan pelatihan PTK dan Kurikulum 2013 ini sendiri, guna meningkatkan profesionalisme guru dalam rangka meningkatkan sumber daya manusia yang handal.

Dia menilai kurikulum 2013 sudah sangat terbagus dan terlengkap, yang tentunya harus diimbangi dengan guru yang profesional. “Untuk lebih memberikan pengetahuan, wawasan serta pendalaman tentang PTK dan kurikulum 2013 itu sendiri bagi guru-guru yang ada di Kota Palembang,” katanya, Minggu (1/12).

Bukman menambahkan, momentum peringatan hut PGRI tahun ini pantas disyukuri oleh guru yang kini sudah menjadi profesional. Sehingga inilah momentum yang baik untuk guru berinovasi dan berkreasi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di dalam kelas. Pemerintah sudah memberikan kesejahteraan yang cukup baik, disamping itu banyak program yang juga sudah diluncurkan demi peningkatan kualitas guru.

”Inilah momentum bagi guru secara individu untuk dapat mengembangkan amanah sebagai profesional yang mulia, mengantarkan anak bangsa menjadi siswa yang beriman, bertaqwa dan cerdas,” bebernya.

Sementara itu Dr. Nila Kesumawati, M.Pd selaku pemateri mengungkapkan, kurikulum 2013 masih akan diberlakukan secara serentak pada tahun pelajaran 2014. Namun, sangat perlu bagi guru untuk menjemput bola dengan mengetahui lebih awal bagaimana konsep kurikulum 2013. Selebihnya tentang penelitian tindakan kelas (PTK), yang menjadi modal dalam pelaksanaan penilaian kinerja guru atau pengembangan keprofesian.

“Dengan adanya pelatihan ini, Saya menghimbau, agar guru–guru bisa mengimbangi kurikulum 2013. Dan dalam menyampaikannya kurikulum 2013, seorang guru juga harus memiliki ilmu pengetahuan serta skenario. Hal ini perlu, agar para peserta didik yang mendapat pelajaran, dengan mudah, cepat dan tepat mengerti apa yang dimaksud dan dituju oleh seorang guru dalam memberikan mata pelajarannya,” ujarnya .

Sementara, Ketua Panitia Drs. Houtman, M.Pd saat diwawancarai menerangkan, pelatihan PTK dan Kurikulum 2013 ini bertujuan untuk membantu guru agar setelah mengikuti kegiatan pelatihan implementasi kurikulum 2013, diharapkan guru–guru mampu melaksanakan tugas sesuai dengan tuntutan kompetensi lulusan, isi, proses pembelajaran dan penilaian kurikulum 2013.

TEKS : AMINUDDIN

EDITOR : ROMI MARADONA





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster