Pedagang Terancam Gulung Tikar

 315 total views,  2 views today

Kondisi-pedagang-didalam-Terminal-Betung-terlihat-kumuh

Kondisi pedagang didalam Terminal Betung terlihat kumuh

*Akibat Perbaikan Jalan di Terminal Betung

BANYUASIN, KS-Puluhan pedagang yang menyewa kios di dalam Terminal Betung, Kecamatan Betung,  Kabupaten Banyuasin,  kondisinya kian hari kian memprihatinkan dan terus merugi. Usaha mereka terancam gulung tikar.

Hal itu disebabkan, pembeli kini engan masuk ke dalam terminal tersebut akibat kondisi terminal yang kumuh. Kondisi ini diperparah,  dengan penutupan jalan masuk menuju terminal, karena sedang dilakukan perbaikan. 

“Ada perbaikan jalan menuju terminal, Dinas Perhubungan (Dishub) menutup jalan yang menuju ke kios, tempat kami berjualan.  Jika sampai sepekan ini, jalannya masih belum dibuka, usaka kami jelas akan gulung tikar,” keluh Eli, salah seorang pedagang di Terminal Betung ketika dibincangi, Minggu (1/12).

Ia mengaku, saat pembeli sepi. Jangankan untuk memikirkan keuntungan dan biaya sewa pertahun yang mencapai Rp 5 juta, untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari saja ia menyebut sangat sulit.

Eli menyebut, ia menyewa lima kios di dalam Terminal Betung. Ke lima kios yang di sewanya itu, ada di jalur dua dan tiga. ” Di jalur tersebut lokasi parkir luas dan posisinya berada ditengah terminal, jika tidak ditutup jalan masuk ke jalur itu walaupun tidak banyak pembeli tetapi masih ada untung. Tetapi kalau sekarang ini, benar-benar sulit kondisinya,” ucapnya.

Menurutnya, lima kios yang di sewanya itu bukan dipakai untuk usahanya sendiri tetapi untuk usaha saudara-saudaranya juga. ” Tetapi selama ada perbaikan jalan dalam terminal itu,  lebih dari sebulan ini saya dan saudara harus pindah ke kios yang ada di depan terminal,” ujarnya. 

Eli menerangkan, selama perbaikan jalan di dalam terminal masih dilakukan, ia akan tetap bertahan berdagang di kios yang berada di depan pintu gerbang terminal, dekat dengan tempat petugas Dinas Perhubungan dan Komunikasi (Diskomimfo),  menarik retribusi. “Jika perbaikannya jalan di dalam terminal sudah selesai, barulah saya akan kembali lagi menempati kios di dalam terminal,” bebernya.

Kepala Dishubkominfo Banyuasin, Supriyadi sampai berita ini diturunkan belum bisa di konfirmasi. Handphone (HP) miliknya yang dihubungi, walau dalam kondisi aktif tidak diangkat.

TEKS              : DIDING KARNADI

EDITOR         : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster