Kemenristek Bantu Petani di Musirawas

 266 total views,  2 views today

Anggota Komisi VII DPR RI, Ir H Nazarudin Kiemas, MM sedang mencoba hand tractor didampingi Kabid Produksi Tanaman Pangan Musirawas, Tohirin SP

Anggota Komisi VII DPR RI, Ir H Nazarudin Kiemas, MM sedang mencoba hand tractor didampingi Kabid Produksi Tanaman Pangan Musirawas, Tohirin SP

MUSIRAWAS | KS-Guna memaksimalkan produksi pertanian dan menekan cost produksi bagi petani. Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristek) Sabtu (30/11) menyalurkan bantuan alat dan mesin pertanian kepada kelompok tani (koptan) di Kabupaten Musirawas berupa 4 unit traktor tangan, 5 unit mesin pencacah padi dan 4 unit mesin pemotong rumput.

Komisi VII DPR RI, H Nazarudin Kiemas pada acara serah terima bantuan di Gedung Dekranasda, F Trikoyo Kecamatan Tugumulyo mengatakan, pemerintah akan terus mencarikan solusi permasalahan bagi petani yang ada di Musirawas agar kesejahteraan petani dapat segera tercapai.

Nazarudin menyampaikan idealnya, per hektare lahan sawah warga itu bisa mencapai diatas 8 ton padi. “Pengairan pada sawah tidak mesti terendam air, tetapi di variasi dengan debit air hanya mencapai sekitar 10 cm setelah itu dikurangkan dan beberapa hari kemudian ditambah lagi, ini lebih dapat memaksimalkan hasil panen,”jelasnya.

Lanjutnya, penggunaan pupuk juga harus sesuai dengan kebutuhan. Untuk itu sangat perlu pengawasan dan pengendalian harga maupun pasaran pupuk. “Dalam hal ini Peran Pemkab perlu dioptimalkan termasuk pengendalian harga beras yang  dihasilkan para petani,” kata Nazarudin.

Kepala Dinas Tanaman Pangan, H Suharto Patih mengharapkan, dengan adanya bantuan alat  dan mesin pertanian untuk kelompok tani yang ada di Musirawas ini agar dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin, sehingga bisa meningkatkan hasil panen. “Para petani harus bisa memaksimalkan teknologi ini sehingga hasil panen bisa terus meningkat,”katanya.

TEKS : PAISOL

EDITOR : ROMI MARADONA





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster