Kembangkan Kawasan Ekonomi Terpadu

 202 total views,  2 views today

Panorama Taman Kampung Kapitan yang Berada Di Pinggiran Sungai Musi

Panorama Taman Kampung Kapitan yang Berada Di Pinggiran Sungai Musi

PALEMBANG, KS-Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang, akan menjadikan bantaran Sungai Musi, sebagai kawasan ekonomi terpadu.  Nantinya di kawasan tersebut kata Wali Kota Palembang, Romi Herton, akan menjadi pusat kerajinan khas Palembang dan perdagangan serta industri kecil menengah.

Pemkot jelas Romi, akan melibatkan masyarakat sekitar kawasan tersebut untuk membuka usahanya.  “Jika warga sekitar,  memiliki keahlian dalam bentuk kerajinan, dan keahlian lainnya akan kita libatkan,” kata Romi dibincangi, kemarin.

Nantinya terang Romi, pemkot secara bertahap akan membangun sejumlah fasilitas pendukung. Misalnya, jalan akses, penerangan, hotel dan lainnya. Pembangunan bantara Sungai Musi sebagai kawasan ekonomi terpadu ini bebernya, adalah upaya pemkot untuk mendorong percepatan kesejahteraan masyarakat.

“Ini juga bagian dari penataan kawasan pinggiran Sungai Musi, apalagi kita akan mengembangkan kawasan Sungai Musi sebagai kawasan wisata. Karenanya, akan kita dorong bantaran Sungai Musi, sebagai kawasan ekonomi terpadu,” ucapnya.

Romi yakin, jika kawasan ekonomi terpadu di sepanjang bantaran Sungai Musi tersebut sudah berjalan, ditambah dengan pengembangan kawasan wisata maka akan memberikan dampak positif bagi ekonomi Palembang.  “Kalau dibantaran Sungai Musi itu ramai, otomatis usaha kecil, pengrajin akan mudah menjual produknya,” ungkapnya.

Karenanya tegas Romi, di pinggiran sungai terpanjang di Sumsel kedepannya akan menjadi pusat kerajinan, perdagangan dan akomodasi termasuk dibangunnya hotel-hotel, yang akan mendorong kesejahteraan masyarakat.

“Fasilitas yang dimiliki di kawasan tersebut, bukan hanya dinikmati golongan masyarakat tertentu saja, tetapi semua sektor juga merasakan dampak langsung dari kemajuan perekonomian di Kota Palembang kedepannya,”ucapnya.

Sementara itu, salah seorang pengrajin songket khas Palembang Cik Yan, menyambut positif rencana pemkot menjadikan bantaran Sungai Musi sebagai kawasan ekonomi terpadu. “Jika itu memang di realisasikan oleh pemkot, tentu sangat positif bagi kami pengerajin untuk mengenalkan dan menjual berbagai kerajinan khas Palembang,” tukasnya.

TEKS              : ALAM TRIE PUTRA

EDITOR         : DICKY WAHYUDI

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster