Infrastruktur Jalan Penting, Tapi Pendidikan Lebih Utama.

 300 total views,  2 views today

Heri-Amalindo,-Pj-Bupati-PALI

Heri Amalindo, Pj Bupati PALI

PALI | KS –Infrastruktur sangat penting untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat. Termasuk untuk menarik minat investor yang akan menanamkan modal. Namun di Kabupaten  Penukal Abab Lematang Ilir (PALI)  saat ini, infrastruktur adalah sektor utama yang kondisinya sangat buruk dan memprihatinkan.

Buruknya infrastruktur ini menjadi perhatian serius dari penjabat Bupati PALI,  Ir H Heri Amalindo MM. Saat dibincangi Kabar Sumatera di kediamannya Sabtu (30/11) Heri mengakui kondisi infrastruktur jalan di sini sangat memprihatinkan. “Jarak dari sini (Talang Ubi, red) menuju Desa Semangus yang berbatasan dengan Musi Rawas hanya 15 km. Tapi pada musim penghujan saat ini, untuk kesana memakan waktu sampai enam jam. Karena jalannya berlumpur” kata Heri.

Dampak jalan rusak ini, aku Heri, masyarakat kesulitan untuk membawa bahan pokok dari Talang Ubi menuju beberapa desa yang ada di sekitar Semangus bahkan sampai Musi Rawas.

Bukan itu saja, dampak jalan rusak ini berimbas juga pada dunia pendidikan. Bila musim hujan, anak-anak sekolah terkadang harus diliburkan. Karena gurunya tidak bisa datang, demikian juga murid-muridnya tidak bisa berangkat sekolah. “Bagaimana mau datang ke sekolah kalau jalannya tidak bisa dilalui” paparnya.

“Itu baru satu contoh saja. Belum lagi Talang Akar, Sungai Ibu, Sukarami dan lain lain. Kondisinya semuanya hampir sama,” tambah Heri yang pernah memimpin Dinas PU Bina Marga Provinsi Sumatera Selatan ini.

Karena itu, dalam memimpin pembangunan di daerah otonomi baru ini, Heri akan memprioritaskan perbaikan jalan-jalan ini. Harapannya, dengan infrastruktur baik maka roda perekonomian masyarakat akan meningkat. Akhirnya berdampak pada kesejahteraan kabupaten ini.

“Bayangkan saja, bila jalan sepanjang 15 km yang rusak, harus ditempuh sampai enam jam, berapa banyak kerugian masyarakat akibat pemborosan BBM. Itu berlangsung berhari-hari sepanjang tahun. Tanpa disadari, masyarakat dirugikan. Kalau persoalan jalan ini dapat diatasi, berarti akan menghemat pengeluaran masyarakat. Masyarakat bisa nabung dan bisa sejahtera,” paparnya.

Pendidikan Lebih Penting

Namun demikian, sektor terpenting dalam membangun Kabupaten PALI ke depan bukan hanya persoalan infrastruktur jalan semata.

Di mata seorang Heri Amalindo, pembangunan bidang pendidikan harus menjadi prioritas. “Pembangunan infrastruktur jalan itu sangat penting. Tapi pembangunan pendidikan lebih penting lagi,” ujar Heri.

“Untuk apa jalannya bagus, tetapi manusianya bodoh. Jalan yang mulus harus diiringi dengan pendidikan yang bagus agar anak-anak pintar,” tambahnya.

Heri merasa miris melihat masih banyak gedung sekolah yang bocor dan bangku sekolah yang rusak. “Bagaimana mau pintar kalau saat hujan kelasnya jadi basah, atau anak-anak duduk berhimpit-himpitan karena kurang bangku,” alasnya.

Untuk itu, lanjut Heri, pembangunan pendidikan harus diprioritaskan. Anak-anak di Kabupaten PALI harus bersekolah dengan layak. “Tidak harus mewah, tapi paling tidak kebutuhan pokok seperti gedung dan bangku terpenuhi” lanjutnya.

Sebagai langkah awal pembenahan bidang pendidikan ini, Heri membuat kebijakan tunjangan transportasi guru honor dinaikkan tiga kali lipat. Dan bila selama ini pembayarannya setiap tiga bulan sekali, maka mulai tahun 2014, tunjangan ini akan dibayar setiap bulan.

“Dengan adanya peningkatan pendapatan guru, kami yakin akan menambah semangat dalam mengajar. Kalau biasanya guru datangnya agak telat, dengan adanya peningkatan ini akan datang lebih pagi. Dan seterusnya. Kami sangat yakin akan ada perubahan. Ada peningkatan kinerja guru” ungkap Heri.

Teks/Foto : Indra Setia Haris

Editor: Sarono P Sasmito

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster