2014, OKI Kejar Target Padi 539 Ton

 255 total views,  2 views today

Ilustrasi

Ilustrasi

KAYUAGUNG I KS-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ogan Komering Ilir (OKI) menargetkan produksi padi di Bumi Bende Seguguk harus mencapai 539 ton di tahun 2014 mendatang. Angka target ini naki dari sebelumnya yakni 490 ton.

Demikian disampaikan Ir Asmar Wijaya Msi Kepala Dinas Pertanian (Distan) OKI, melalui Kepala Bidang Produksi, Ir Irawan, Ahad (1/12). Menurut dia, dari target yang dikejar itu meliputi lahan sawah lebak, sawah tadah hujan, dan lahan kering dengan total luas areal pertanian 142.000 hektere.

Kata Irawan, pihaknya optimistis target ini dapat tercapai. Salah satu upaya yang  dilakukan adalah terus melakukan pembinaan kepada para petani di seluruh kecamatan dalam Kabupaten OKI, mendorong pertanaman kembali bila areal persawahan mereka rusak, kemudian memberikan bantuan bibit unggul dan pupuk bersubsidi kepada para petani

“Dengan upaya itu Insyaallah target bisa dicapai” cetusnya.

Lanjutnya, sejumlah kendala yang biasanya dihadapi diantara sebagian petani yang masih ada menggunakan bibit lama yang dinilai kurang bermutu, adanya hama yang menyerang tanaman padi, seperti tikus, walang sengit, kepi, dan lain sebagainya.

Walau begitu, pihaknya juga mengantisipasi dengan memberikan bantuan racun pembasmi hama serta memberikan arahan agar petani mau menggunakan bibit unggul yang diberikan pemerintah.

“Kendala itu semaksimal mungkin akan kita atasi” ucapnya.

Menyoal daerah yang paling tinggi produksi padinya, Irawan, berkata hingga saat ini Kecamatan Lempuing masih menjadi daerah produksi padi tertinggi di wilayah OKI. Kondisinya juga didukung dengan areal persawahan tadah hujan yang bisa panen tiga kali dalam setahun.

TEKS:DONI AFRIANSYAH

EDITOR:RINALDI SYAHRIL





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster