RKB Antisipasi Waktu Belajar

 389 total views,  2 views today

Ilustrasi Guru Sedang Mengajar Murid | Foto : Bagus Park

Ilustrasi Guru Sedang Mengajar Murid | Foto : Bagus Park

PAGARALAM KS-Guna mengantisipasi terjadinya doubel shift (dua waktu belajar) di kegiatan belajar mengajar (KBM), Dinas Pendidikan dan Pemuda Olahraga (Disdikpora) tengah berupaya melakukan penambahan ruang kelas baru (RKB).

“Kita optimistis, adanya sekolah yang menerapkan double shift seperti diberitakan Kabar Sumatera bisa dihilangkan dengan cara penambahan ruang belajar atau RKB,” demikian kata Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga setempat Drs Safrani  melalui Kabid Persekolahan Parliansyah ST, Jumat (29/11).

Lanjut Parliansyah, upaya perbaikan sarana pendidikan yang ada terus dilakukan guna menunjang sarana pendidikan diantaranya terdapat puluhan ruang belajar yang akan direhab dan dibangun baru.

“Pembangunan RKB telah dianggarkan, sehingga ini dapat mengantisipasi adanya sekolah double shift. Mengingat  penerapan yang dimaksud tidak sesuai lagi dengan kurikulum yang diberlakukan,” katanya.

Tahun ini sarana pendidikan di sekolah akan ditingkatkan lagi dengan penambahan dan rehab ruang belajar, mulai dari tingkat sekolah dasar (SD), sekolah menengah pertama (SMP), dan sekolah menengah atas (SMA). Sementara anggaran pembangunannya diproleh dari dana alokasi khusus (DAK) diimbangi Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Pagaralam.

“Bangunan baru dan rehab ruang belajar itu diantaranya 15 ruang belajar untuk di lima SD, 13 ruang belajar di 6 SMP, termasuk 9 ruang belajar di 2 SMA yang ada di Pagaralam. Selain itu, termasuk pula akan  dibangun perpustakaan di empat sekolah dasar,” jelasnya.

Ditegaskan Parlinansyah, sebelumnya program peningkatan mutu pendidikan menjadi komitmen Disdikpora tidak hanya kepada prestasi para anak didi. Termasuk pula bagi jajaran guru dan kepala sekolah. Karena itu, akan ada berbagai pelatihan yang melibatkan tenaga pendidik, begitupun dengan program sertifikasi guru.

“Kita berharap pembangunan sarana belajar di setiap jenjang sekolah bisa meningkatkan kualitas dan mutu pendidikan, khususnya di Kota Pagaralam,” terangnya.

TEKS:ANTONI STEFEN

EDITOR:RINALDI SYAHRIL





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster