Cempaka Telok Jadi Icon Penghijauan

 1,271 total views,  2 views today

Ilustrasi | Kompas.com

Ilustrasi | Kompas.compohon

*Pemkot Bibitkan Satu Juta Pohon

PALEMBANG, KS-Pohon Cempaka Telok, salah satu pohon khas Palembang. Pohon ini, oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang, akan dijadikan icon bagi dalam penanaman satu miliar pohon metropolis.

Karenanya menurut Wali Kota Palembang, Romi Herton, pemkot akan membudidayakan Pohon Cempaka Telok. “Ini sebagai upaya menjaga kelestarian tanaman khas Palembang,  sekaligus meningkatkan penghijauan di Palembang,” kata Romi yang dibincangi usai penanaman 1000 pohon di kawasan Sako, Jumat (29/11).

Pemkot jelas Romi, mulai 2014 akan mulai membudidayakan satu juta pohon Cempaka Telok. Pembibitan itu sambungnya, akan dilakukan selama dua tahun. Sehingga tiga sampai lima tahun kedepan, hasilnya sudah bisa dilihat.

“Sebelumnya kita sudah ada gerakan menanam Pohon Tembesi, namun hasilnya kurang maksimal. Karenanya kita alihkan ke Pohon Cempaka Telok, semoga gerakan ini berhasil,” ucap Romi.

Dalam kesempatan itu, Romi menghimbau agar pengembang perumahan di kota empek-empek ini, menyediakan 30 persen dari luas lahan yang mereka kembangkan untuk penghijauan.

Dengan cara itu menurut Romi, kawasan hijau di Palembang akan semakin banyak. “ Ini juga, untuk menanggulangi banjir. Sebab pohon merupakan salah satu resapan air, sehingga jika semakin banyak pohon di pemukiman maka tidak akan terjadi banjir di pemukiman penduduk,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian, Peternakan dan Kehutanan (DP2K) Palembang, Harrey Hadi menjelaskan,  pembibitan Pohon Cempaka Telok ini akan diserahkan oleh ke  kelompok tani. Setelah itu, bibit pohon tersebut akan disebar ke 107 kelurahan untuk ditanam di kelurahan masing-masing.  “ Nantinya, setiap kelurahan harus memiliki 30 persen wilayah penghijauan,” ucapnya.

Herrey menambahkan,  program ini akan belangsung secara berkelanjutan. Karena hal itu,  dilakukan bertujuan untuk mengembalikan ekosistem alam di Palembang. “Kalau kita mampu menyediakan tempat penghijauan, itu akan mampu menjadi tempat penyerapan air, sehingga mencega terjadinya banjir,”tukasnya.

TEKS              : ALAM TRIE PUTRA

EDITOR         : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster