401 Ha Hutan Produksi Mubazir

 252 total views,  2 views today

Ilst. Hutan

Ilst. Hutanhutan

MUSIRAWAS | KS-Sedikitnya 401 hektar lahan hutan produksi (HP) di sekitar wilayah Suku Anak Dalam (SAD) Desa Harapan Makmur SP9 Muara Lakitan, Kabupaten Musirawas tidak termanfaatkan alias mubazir.

Kawasan daerah HP untuk konservasi hutan seharusnya minimal 10 persen dari lahan untuk MHP seluas 7.000 hektar. Namun kenyataan lahan HP hanya 401 hektar yang seharusnya 700 hektar.

Muhammad Imron, penggiat lingkungan hidup dari Wahana Bumi Hijau, kepada Harian Umum Kabar Sumatera, Jumat (29/11) menjelaskan, dari luas 401 hektar lahan HP yang boleh di manfaatkan di bawah angka 50 persen.

“Sepengetahuan kami, dari luas lahan tersebut belum ada bantuan Pemkab Musirawas untuk pengelolaan lahan. Kami pernah dapat bantuan dari luar berupa bibit pisang sebanyak 5.000 buah, untuk SAD yang  berjumlah 32 Kepala Keluarga,” kata Imron.

Ucap Imron, seharusnya 32 KK SAD diberdayakan untuk hidup lebih layak. Lahan HP yang ada dapat dimanfaatkan untuk tanaman karet atau hortikultura lainnya, Pemkab Musirawas mestinya bisa membaca potensi lahan yang ada dan memperhatikan SAD agar hidup mereka dapat sama dan layak.

Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Musirawas, melalui Kabid Produksi Tanaman Hortikultura Anwar Effendi menyampaikan, pihaknya akan berupaya mengusulkan bantuan bibit durian dan lainnya bagi lahan yang bersangkutan, namun tahun 2014 belum diprogamkan.

“Mungkin tahun depan hanya membuat kebun percontohan di Desa Yudha Karya Kecamatan Sukakarya seluas 2 ha untuk tanaman buah durian dan mangga masing-masing 100 batang. Selain itu di Bendungan Selangit untuk lahan jambu air dan manggis masing-masing 100 batang,” cetus Anwar.

Sementara itu, Tohirin Kabid Produksi Tanaman Pangan menambahkan, bahwa SAD di SP 9 sudah pernah mendapatkan bantuan dari Pemkab Mura tahun 2007 untuk tanaman nanas.

“Kita pernah bantu SAD SP 9 bibit nanas, bahkan kita ikut mensuplai bantuan pupuk dan tata cara budidaya yang baik,” tutur Tohirin di sela-sela persiapan acara Diseminiasi Teknologi Spesifik Lokasi yang digelar Sabtu (30/11).

Bebernya, untuk meningkatkan hasil produksi pertanian, Kementerian Riset dan Teknologi RI siap memberikan sebanyak empat unit traktor tangan, mesin pencacah lima unit, mesin potong rumput empat unit.

“Nantinya bantuan itu diberikan di Gedung Dekranasda F Trikoyo Kecamatan Tugumuyo,” tutupnya.

TEKS:FAISOL

EDITOR:RINALDI SYAHRIL





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster