2017, PDAM di Indonesia 100 % Sehat

 272 total views,  2 views today

Ilustrasi | Net

Ilustrasi | Net 

PALEMBANG, KS-Ketua umum (ketum) terpilih, Persatuan Perusahaan Air Minum Seluruh Indonesia (Perpamsi) periode 2013-2017, Rudie Kusmayadie menargetkan empat tahun kedepan semua Perusahaan Daerah Air (PDAM) di Indonesia dalam kondisi sehat.

“Saat ini, ada sekitar 175 PDAM di Indonesia yang kinerjanya tidak sehat,” kata Rudie yang dibincagi usai pemilihan sekaligus penetapan Ketum Perpamsi,  Jumat (29/11) di Hotel Aryaduta,  Palembang.

Ia menjelaskan, PDAM yang tidak sehat ini akan di dorong untuk memperbaiki kinerjanya. Untuk menuntaskan persoalan tersebut jelas Rudie, memang cukup sulit sebab persoalannya berbeda-beda.

Namun Perpamsi urainya, menargetkan setiap tahunnya ada 25 PDAM yang kinerjanya bisa diperbaiki.  “Itu adalah angka minimal, kami harapkan bisa lebih. Sehingga jika setiap tahun mampu mengatasi minimal 25 PDAM, maka selama 4 tahun semua PDAM di Indonesia bisa sehat,” ungkapnya.

Kemudian sambung Rudie, ia juga akan mendorong PDAM untuk transparansi dalam pengelolaan perusahaan, sehingga kedepannya, mampu menuju akuntabilitas. “Pada prinsipnya menyediakan pelayanan air bersih atau air minum adalah kewajiban pemerintah, namun PDAM juga harus memiliki kecakapan, untuk terus mendorong pelayanan yang lebih baik lagi,”ujarnya.

Menurut Rudie, ada tiga aspek yang perlu didorong yakni perubahan Permendagri Nomor tahun 2007 tentang Organisasi PDAM, kemudian tentang sistem akuntasi intentitas dan akuntabilitas publik, terahir adalah regulasi tentang energi sumber daya listrik.

“Selain itu, kami juga bekerjasama dengan PDAM internasional untuk proses twinning internasional, seperti untuk penguapan, dengan Jepang, Belanda, Sepanyol dan yang lainnya,”bebernya.

Sementara itu, Wakil Ketum Perpamsi, Mulih menyebut, sesuai target Millennium Development Goals (MDGs) 2015, maka 68 persen masyarakat Indonesia harus sudah terlayani air bersih.

“ Saat ini rata-rata cakupan layanan PDAM di Indonesia, rata-rata sudah 50 persen dari jumlah penduduk di daerah tersebut. Namun akan kita terus dorong, agar bisa bisa meningkat,” sebutnya.

Menurutnya, antara PDAM dan pemerintah harus terus bersinergi, karena PDAM sebenarnya hanyalah sebagai operator, yang bertanggung jawab untuk penyedian air bersih adalah pemerintah. “Sesuai UUD pasal 33, mayarakat mempunyai hak untuk mendapatkan fasilitas air minum yang layak,  jadi antara PDAM dan pemerintah harus bersinergi,” tukasnyanya.

TEKS              : ALAM TRIE PUTRA

EDITOR         : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster