Ratusan Angkot Tak Kantongi Izin

 293 total views,  2 views today

Ilst. Angkot

Ilst. Angkot

INDERALAYA KS-Ratusan Angkutan Kota (Angkot) yang beroperasi di Kabupaten Ogan Ilir (OI) belum mengantoni izin resmi trayek maupun KIR.

Data yang dihimpun Harian Umum Kabar Sumatera, Kamis (28/11) dari 200 angkot yang terdata hanya sebanyak 200 armada yang beroperasi. Ironisnya, dari angka ini, hanya 10 persen yang mengantongi izin, selebihnya tidak mengantongi izin.

Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub), Ogan Ilir, Mustarsyah mengakui berdasarkan hasil pendataan yang dilakukan Dishub OI, banyak kendaraan angkot sudah tidak mengantongi izin.

“Mungkin ada sebanyak 10 persen yang mengantongi izin,” cetusnya, Kamis (28/11).

Kata Mustarsyah, banyak alasan yang menyebabkan pemilik  kendaraan  maupun sopir enggan mengurus KIR ataupu  izin trayek, salah satunya pendapatannya menurun akibat bersaing dengan kendaraan becak motor (Bentor).

“Mereka (pemilik angkot -red) mengaku pendapatannya akibat banyaknya bentor beroperasi. Makanya para pemilik angkot nggan mengurus KIR dan izin trayek,’’ ucapnya.

Disinggung tindakan tegas, Mustarsyah menjelaskan, bagi kendaraan yang tidak mengantongi izin dan dirazia, justru baik pemilik angkot maupun sopir beraksi dengan melakukan demo secara besar-besaran.

“Makanya kita terkadang menjadi dilema, diambil tindakan tegas mereka bereaksi, dibiarkan ya itu tadi, status kendaraan mereka yang beroperasi  adalah liar,’’ katanya.

Padahal, lanjut Mustarsyah, kendaraan angkot yang tidak mengantongi zin trayek, KIR, bila terjadi kecelakaan, maka tidak akan mendapat asuransi atau jasaraharja.

“Kita sudah jelaskan kepada mereka, tapi tetap saja himbauan tersebut tidak diindahkan,” tutupnya.

TEKS:JUNAEDI ABDILLAH

EDITOR:RINALDI SYAHRIL





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster