Pol PP Ancam Habisi Atribut Caleg

 295 total views,  2 views today

Atribut kampanye Caleg yang Menghiasi Komplek Pasar Sekanak Palembang | Foto : Bagus Park

Atribut kampanye Caleg yang Menghiasi Komplek Pasar Sekanak Palembang | Foto : Bagus Park

PALEMBANG, KS-Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Palembang, mengancam akan menghabisi semua atribut sosialisasi atau kampanye milik calon anggota legislatif (caleg), calon anggota DPD maupun milik partai politik (parpol) peserta Pemilu 2014, yang melanggar aturan.

Ancaman ini disampaikan Kepala Sat Pol PP Kota Palembang, Tatang DK Direja, Kamis (28/11). Ia menyebut, Pol PP akan menurunkan paksa semua atribut sosialisasi itu. Sebab mayoritas atribut kampanye tersebut, dipasang di kawasan jalan protokol seperti Jalan Jend Sudirman, Merdeka, Basuki Rahmad, Demang Lebar Daun, Residen Abdul Rozak dan Angkatan 45 dan lainnya.

“Kita sudah mendata, mana-mana atribut sosialisasi milik caleg yang menyalahi aturan. Nantinya, itu akan kita tertibkan,” kata Tatang yang dibincangi, Kamis (28/11) di ruang kerjanya.

Namun sebut Tatang, mereka tidak akan serta merta akan menurunkan paksa semua atribut tersebut. Penertiban sambungnya, baru akan dilakukan setelah terlebih dahulu himbauan diberikan.  “Kita akan berikan dulu surat peringatan sampai dua kali, jika tidak dipedulikan barulah kita eksekusi.  Namun kita lebih menggunakan pendekatan persuasif,” ujarnya.

Ia menjelaskan, saat ini sudah ada beberapa atribut caleg yang diamankan Sat Pol PP. Atribut-atribut berbagai jenis itu,  di tertibkan karena tidak mematuhi peraturan yang telah ada, yakni Peraturan Wali Kota (Perwali) Palembang Nomor 9 tahun 2009.  “Ini merupakan prilaku buruk caleg, karena kita sudah lakukan pendekatan pada mereka agar tidak memasang atribut partai sembarangan,”ujarnya.

Sebelumnya, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Palembang, Altur menghimbau caleg untuk memasang spanduk dan alat peraga kampanye sesuai denga zona kampanye, yang sudah ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palembang.  “Karena dengan cara itu, mereka bisa lebih dekat dengan konstituen, sehingga mudah bagi masyarakat mengenal,”katanya.

Sambungnya, pemasangan alat peraga kampanye ini telah di atur secara teknis oleh Kesbangpol dengan KPU Palembang. “Kami harapkan caleg untuk mematuhi aturan yang telah di tentukan, kawasan jalan protokol itu dilarang,”tukasnya.

TEKS              : ALAM TRIE PUTRA

EDITOR         : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster