Lezatnya Kuliner Lenggang

 865 total views,  2 views today

Lenggang

Lenggang

PALEMBANG | KS-Siapa yang tak kenal lenggang? Kuliner khas asal kota ini banyak digemari warga. Selain rasanya yang nikmat dan lezat, lenggang berteksturnya legit dan harum sebab prosesnya dipanggang memakai daun pisang.

Nyonya Nina (46), seorang pembuat kuliner lenggang di Kelurahan 19 ilir Palembang menyampaikan, lenggang yang diraciknya memerlukan bahan baku tiga kilograma setiap harianya.

“Kalau hari libur paling banyak saya buat lenggang ini. Soalnya, pembeli selalu ramai ke sini,” ucap Nina.

Pemilik kedai pempek berlogo Chaplin itu bercerita, setiap membuat lenggang ia menyajikan pilihan rasa dengan ikan yang berbeda-beda. Ada ikan gabus segar yang tidak terlalu manis. Juga ada lenggang dengan berasa telur bebek yang disandingkan dengan ikan.

“Telur bebek punya warna yang menarik dari telur ayam,” cetusnya.

Seperti umumnya pembuat lenggang panggang, Nina juga menggunakan daun pisang yang dibentuk seperti mangkuk kotak sebagai alas panggang.

“Nanti adonan ikan dimasukkan baru dicampur dengan telur bebek,” tukasnya.

Untuk teknik dan lamanya pemanggangan, ia membutuhkan waktu selama 20 menit dalam sekali pemanggangan. Sepuluh menit pertama memantapkan adonan, lima menit kedua membalik dalam cetakan daun pisang, dan lima menit terakhir dilepas dari cetakan.

Untuk omzet penjualan, seharinya ia mampu meraup untung hingga Rp 500.000 sampai Rp 700.000 tergantung pembeli. Harga lenggang berpariasi dari harga Rp 8.000 hingga Rp 15.000 tergantung dengan jenis bahan bakunya.

Weni (40), penjual lenggang yang biasa mangkal di seputaran Masjid Agung Palembang menuturkan, kuliner khas lenggang yang ia pasarkan bisa mencapai 100 buah per harinya. Harganya hanya Rp 8.000 per buah.

Sementara Silvi (32), penikmat lenggang berujar, ia suka lenggang karena rasanya lebih nikmat.

“Bebas minyak dan tentunya gurih, apalagi harganya terjangkau,” Silvi setengah promosi.

TEKS:AMINUDDIN

EDITOR:RINALDI SYAHRIL

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster