Festival Wayang Palembang di Hotel Paradis

 318 total views,  2 views today

 

Ilustrasi Wayang

Ilustrasi Wayang

PALEMBANG KS-Hari ini Jumat (29/11) Dewan Kesenian Palembang (DKP) kembali menggelar Festival Wayang Palembang siap digelar di Hotel Paradis di Jalan Kapten A Rivai. Gelaran festival yang berlangsung hingga Sabtu (30/11) ini sekaligus penutup roadshow Palembang Art Festival 2013 yang berlokasi di Auditorium Gedung RRI Palembang.

“Ada pertunjukkan dulmuluk sebagai jeda sebelum pagelaran wayang dimulai,” ucap Darto Kepala Divisi Sastra Dewan Kesenian Palembang.

Marta Asra, Ketua Penyelenggara Kegiatan Festival Wayang kepada Harian Umum Kabar Sumatera menuturkan, kegiatan festival wayang ini sebagian kecil rasa peduli untuk aset bangsa yang masih tersisa.

“Insyaallah sesuai jadual yang kita ditetapkan bersama, festival ini melatih kita untuk tetap memegang komitmen. Komitmen pada nilai budaya yang tersimpan di kota ini,” kata Marta Asra.

Tipisnya komunikasi antara pelaku seni dengan hadirnya DKP bukanlah menjadi penghalang untuk melestarikan budaya yang ada di Bumi Sriwijaya ini. Untuk itu, DKP pun berharap ramainya even-even berlabel seni budaya laik untuk dimunculkan.

“Kami dari DKP belum memiliki data soal pelaku seni yang ada di kota ini. Nah, semoga pentas seni ini menjadi batu loncatan besar demi nasib kebudayaan kita,” cetus Suparman Roman yang kini dipercaya Ketua DKP.

Usai menyaksikan pentas dulmuluk dilanjutkan dengan seni teater yang bernilai budaya lokal Sumatera. Pentas ini memakan waktu lebih dari 100 menit.

Palembang Art Festival telah berjalan pada awal minggu-akhir November 2013.

“Kota Palembang telah melalui beberapa pentas seni yang menarik,” ucapnya selepas menyaksikan dokumentasi pentas teater Dul Muluk (27/11/2013)

TEKS:RINALDI SYAHRIL

EDITOR:IMRON SUPRIADI

 

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster