Duh, Gaji Petugas Kebersihan Dibawah UMP

 344 total views,  2 views today

 

KAYUAGUNG, KS-Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), sudah beberapa kali mendapatkan penghargaan dibidang kebersihan. Piala Adipura, yang merupakan lambang supramasi kebersihan tertinggi di Indonesia, berulang kali diboyong ke Bumi Bende Seguguk.

Namun dibalik prestasi itu, ada cerita miris dari para pahlawan kebersihan tersebut. Kerja keras mereka setiap harinya, untuk menjaga kebersihan di OKI ternyata hanya dibayar Rp 900 ribu perbulan atau jauh dari standar Upah Minimum Provinsi (UMP).

Padahal mereka yang bekerja menjadi petugas kebersihan itu, rata-rata telah bekeluarga dan memiliki anak yang masih bersekolah. Salah seorang petugas kebersihan di Badan Pengelola Pasar dan Kebersihan (BPPK) OKI, yang tidak mau namanya disebutkan mengaku, setiap bulan ia hanya menerima upah Rp 900 ribu dari jerih payahnya tersebut.

“Kalau mau dibilang cukup, mana cukup. Gaji Rp 900 ribu itu, sangat kecil dan kurang dengan kondisi kebutuhan saat ini. Apalagi seperti saya, yang mempunyai empat orang anak. Namun mau apa lagi, kerjaan yang lain tidak ada,” kata pria yang sudah mengabdi sebagai petugas kebersihan di OKI ini selama enam tahun dengan pasrah, ketika dibincangi, Kamis (28/11).

Dikatakannya, sebagai orang kecil, ia sangat mau kalau gajinya bisa dinaikkan.” Ya siapa dek yang tidak mau gaji besar, tapi kan kita tidak bisa bilang, nanti bisa-bisa kenah marah. Ini saja saya minta nama saya jangan ditulis, karena nanti saya kena marah oleh atasan karena mengeluhkan kecilnya gaji” pintanya.

Kata dia, waktu bekerja menjadi petugas kebersihan dimulai dari pukul 08.00 WIB sampai pukul 12.00 WIB. Dalam bekerja mereka sebutnya, diawasi oleh seorang mandor. Ia mengaku, karena penghasilannya tidak bisa mencukupi kebutuhan hidup keluarganya, mau tidak mau istrinya pun ikut bekerja. ” Jujur saja, istri saya juga dagang, untuk membantu perekonomian keluarga. Karena kalau hanya mengandalka gaji saya,  tidak mencukupi” ucapnya sedih.

Sementara itu, Kepala Badan Pengelolaan Pasar dan Kebersihan OKI, Yusuf AF, melalui Kepala Bidang (Kabid) Kerbersihan, Iskandar Abubakar S.Sos, saat dikonfirmasi, membenarkan gaji petugas kebersihan di OKI yang mencapai Rp 900 ribu perbulannya.

Namun menurut Iskandar, sudah ada rencana untuk menaikkan gaji para pahlawan kebersihan di OKI tersebut menjadi Rp 1,05 juta perbulannya.Tetapi rencana itu sebutnya,  masih diajukan ke DPRD OKI dulu untuk mendapatkan persetujuan. “ Kita sudah mengajukan kenaikan gaji Rp 150 ribu untuk petugas kebersihan di OKI, mudah-mudahan disetujui,” tukasnya.

TEKS              : DONI AFRIANSYAH

EDITOR         : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster