Berobat Gratis Tetap Jalan

 231 total views,  2 views today

Romi Herton

Romi Herton Walikota Palembang

PALEMBANG, KS-Penghentian program berobat gratis yang dilakukan oleh Rumah Sakit Mohammad Hoesain (RSMH), Palembang dipastikan tidak akan dilakukan di RS Bari. Rumah sakit (RS) milik Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang itu, dipastikan akan tetap menjalankan program berobat gratis.

Jaminan itu diberikan Wali Kota Palembang, Romi Herton. Ia menyebut, akan berkoordinasi dengan Gubernur Sumsel, terkait persoalan tersebut.  “Saya tidak tahu itu, justru baru tahu dari wartawan. Ini sangat disayangkan, karena itu pelayanan publik. Kasihan juga dengan masyarakat,” kata Romi dibincangi, Kamis (28/11).

Namun menurut Romi, program berobat gratis tersebut tetap akan dilaksanakan di RS Bari. “Saya akan bicarakan ini dengan Dirut RS Bari. Insya Allah,  pelayanan berobat gratis di RS Bari tetap gratis,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Palembang,  dr Anton Suwindro juga menjamin RS Bari tetap memberikan layanan berobat gratis bagi warga Palembang. “Kita baru mengetahui hal tersebut dari wartawan, tinggal nanti kita lakukan komunikasi dengan melakukan rapat terbatas antara Dinkes dengan RS Bari dan dengan Bagian Keuangan, untuk membahas hal tersebut,”ungkapnya.

Anton menyebut, wali kota sudah mengintruksikan Dinkes untuki membahas persoalan tersebut.  “Yang penting masyarakat jangan sampai dirugikan untuk berobat, artinya pelayanan gratis tetap jalan, tapi nanti tunggu hasil pastinya,”ungkapnya.

Sementara itu dibincangi terpisah anggota Komisi V DPRD Sumatera Selatan (Sumsel), Sakim mengaku juga baru tahu dihentikannya pelayanan berobat gratis di RSMH.  “Komisi V, belum tahu persoalan ini. Namun ini, akan kita bahas di komisi,” ungkapnya.

Politisi PDI Perjuangan tersebut menerangkan, jika itu memang benar dilakukan maka sangat disayangkan. Menurutnya, itu menunjukkan ketidak mampuan Kepala Dinkes Sumsel dalam menjabarkan program berobat gratis. “Kepala Dinkes harus di evaluasi, ini harus diselesaikan. Bagaimana mau merealisasikan program sekolah gratis sampai perguruan tinggi, jika berobat gratis saja tidak beres. Ini kan janji gubernur, yang harus dilaksanakan,” tukasnya.

TEKS              : ALAM TRIE PUTRA

EDITOR         : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster