Tarif Transmusi Dipastikan Naik

 321 total views,  2 views today

Trans Musi

Trans Musi

PALEMBANG, KS-Masyarakat Kota Palembang, yang selama ini menjadikan BRT Transmusi sebagai sarana transportasi sehari-hari, harus bersiap-siap merogoh koceknya  lebih dalam. Pasalnya, PT Sarana Pembangunan Palembang Jaya  (SP2J) memastikan akan menaikkan tarif Transmusi.

Direktur Utama PT SP2J, Marwan Hasmen menyebut, memang sebelumnya PT SP2J sempat membatalkan kenaikan tarif Transmusi tersebut. Namun untuk menutupi biaya operasional Transmusi, sehingga PT SP2J memutuskan menaikkan tarif Transmusi.

“Kenaikannya sama seperti rencana awal, dari Rp 4.500 menjadi Rp 5000. Namun kita belum bisa memastikan, kapan kenaikan tarif ini akan diberlakukan.  Saat ini, kami masih mensosialisasikannya kepada masyarakat,” kata Marwan dibincangi, Rabu (27/11).

Marwan menambahkan,  pihaknya terpaksa menaikkan tarif Transmusi. Sebab pasca kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) subsidi, operasional yang harus dikeluarkan Transmusi membengkak.  Padahal saat ini jelas Marwan,  Transmusi tidak menaikan tarif. Sementara angkutan kota (angkot) dan bus kota sudah menaikkan tarif.

Sementara itu, Direktur Unit Usaha Transportasi PT SP2J,  Djoko Santoso mengatakan, kenaikan tarif itu masih belum sesuai. Bila dihitung secara kasar dengan beban operasional Transmusi, setidaknya tarif yang dapat ditarik per penumpang sebesar Rp 7.000.

Tetapi karena tidak ingin memberatkan masyarakat sebagai penumpang, maka hal itu tidak dilakukan. “Apalagi,  adanya subsidi dari Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang, sehingga tarif yang dikenakan hanya Rp 4500,”bebernya.

Djoko berpendapat, kenaikan tarif ini tidak hanya diberlakukan di Palembang. Sejumlah kota besar di Indonesia yang mengoperasikan bus rapit transit (BRT), seperti Yogyakarta sudah menaikkan tarif  lebih dahulu.  “Di Yogyakarta hanya Rp3500, karena subsidi yang diberikan pemerintah besar. Tetapi biaya operasionalnya sama seperti di sini,”tukasnya.

Teks     :  Alam Trie Putra
Editor  : Dicky Wahyudi





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster