Perusahaan Wajib Miliki Kantor di Sekayu

 216 total views,  2 views today

Ilustrasi | Furnitureindonesia.com

Ilustrasi | Furnitureindonesia.com

SEKAYU, KS-Setiap perusahaan atau badan usaha yang memiliki usaha di wilayah Kabupaten Musi Banyuasin (Muba), wajib berdomisili atau berkantor di ibukota kabupaten.  Kewajiban itu, diatur dalam Peraturan Daerah (Perda) Muba Nomor 36 tahun 2002.

“Kewajiban badan usaha miliki kantor di Sekayu itu, tujuannya untuk memudahkan komunikasi dan koordinasi antara perusahaan dengan pemerintah, khususnya dalam pengambilan keputusan bersama,” kata  Asisten I Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muba, Rusli SP MM, saat sosialisasi perundang-undangan untuk seluruh perusahaan perkebunan di Muba, di Hotel Ranggonang Sekayu, Selasa (26/11).

Dalam kesempatan itu, Rusli juga menghimbau perusahaan perkebunan dan Muba ikut berpartisipasi menyukseskan program Pemkab Muba, yakni program alokasi dana desa Rp1 miliar per desa.

Selain itu sambungnya, pelaku usaha di Muba diminta memahami dan taat terhadap peraturan perundang-undangan yang berlaku, untuk meminimalisir terjadinya persoalan serta membangun hubungan yang baik, antara perusahaan dengan masyarakat guna terciptanya kondisi yang kondusif.

Sementara itu, Kepala Dinas Perkebunan Muba (Disbun) Muba, Ir A Thamrin menyebut tujuan sosialisasi peraturan perundang-undangan tersebeut, untuk untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman perusahaan dalam pengelolaan usaha perkebunan, tentang kewajiban-kewajiban pelaku usaha perkebunan baik terhadap pemerintah maupun masyarakat sekitarnya, serta untuk menambah wawasan peserta untuk menjaga dan melestarikan lingkungan hidup.

Sosialisasi tersebut diikuti 150 peserta, yang berasal dari 54 perusahaan perkebunan dan UPTD perkebunan di Muba. Sosialisasi itu, dilaksanakan selama dua hari yakni 26-27 November.

Selama dua hari, peserta diberikan pemahaman mengenai Peraturan Menteri Pertanian RI Nomor 98 tahun 2013 tentang Pedoman Perizinan Usaha Perkebunan, PP Nomor 10 tahun 2013 tentang Kemitraan Usaha Perkebunan dengan Petani Non Plasma untuk Komoditi Karet Serta Kelapa Sawit.

Teks     : Bagus Santoso

Editor  : Dicky Wahyudi





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster