“MPI” Gali Potensi Mahasiswa

 232 total views,  2 views today

PALEMBANG, KS-Guna menggali potensi mahasiswa, Himpunan Mahasiswa Jurusan Manajemen Pendidikan Islam (MPI) Fakultas Tarbiyah IAIN Raden Fatah Palembang menggelar “One Day With MPI”. Acara yang dibuka hari ini, Kamis (28) dirangkai dengan lima tangkai lomba (Lomba Tilawatil Quran, Puisi, Pidato, Futsal, dan cerdas Cermat). Ajang pertandingan potensi ini akan berakhir besok, Jumat (29/11).

Frengki, Ketua Penitia Gebyar MPI mengatakan, program ini dilakukan berdasar pada kesadaran dari sejumlah mahasiswa jurusan MPI Faklutas Tarbiyah IAIN raden Fatah Palembang terhadap pentingnya menggali potensi mahasiswa. Frengki menyebutkan, mahasiswa merupakan aset bangsa yang harus mengembangkan potensi yang dimiliki. Namun menurut Frengki, hingga acara ini digelar masih ada sebagian mahasiswa yang bingung terhadap dirinya sendiri.

“Sebagian mahasiswa serng bingung kalau ditanya, potensinya apa? Banyak yang sulit menjawab. Nah, melalui acara ini kita harapkan potensi yang terpendam pada diri mahasiswa dapat terdeteksi, untuk kemudian diharapkan bisa dikembangkan di kemudian hari,” ujarnya saat dibincangi Kabar Sumatera, (27/11).

Lebih lanjut, Frengki mengatakan, acara yang mengusung tema “Melalui Gebyar MPI  Mari Kita Potensi Mahasiswa Tarbiyah dan Keguruan” ini sebagai bentuk dorongan bagi mahasiswa agar sadar tentang dirinya sebagai khalifah di bumi. Bangkitnya kesadaran sebagai khalifah ini, menurut Frengki menjadi penting artinya, agar mahasiswa mau membuka diri tentang siapa dan apa tugas sebagai khalifah. “Akal pikiran dan hati adalah amanat Allah Swt yang perlu diberdayakan. Makanya dengan lomba ini untuk menggugah mahasiswa tentang potensi apa yang dimilikinya sekaligus akan diberdayakan mahasiswa ketika nanti mereka terjun ke lapangan,” tegasnya.

Lebih lanjut, Frengki menyebutkan, ajang kompetisi kreasi mahasiswa ini yang terpenting bagaimana acara ini mampu mengasah dan menggali kemampuan mahasiswa sesuai dengan minatnya masing-masing. “Kalau dilakukan kompetisi ini, saya yakin potensi mahasiswa akan tergali. Sebab dengan cara inilah kita akan tahu apa yang tersimpan dalam diri mahasiswa,” tambahnya.

Menyikapi geliat dan kegiatan mahasiswa ini, Yosep Suterisno,SE, salah satu praktisi bisnis di Palembang menilai, apa yang dilakukan mahasiswa ini merupakan hal positif. Apalagi, menurut mantan aktifis teater Leksi Palembang ini, mahasiswa merupakan generasi bangsa yang wajib memacu dirinya untuk terus berkarya. “Kalau saat ini mahasiswa tidak mau membuka diri dan enggan menggali potensi dirinya, saya khawatir generasi mendatang akan kehilangan arah. Makanya saya salut dengan mahasiswa yang mau melakukan hal-hal kecil tetapi diharapkan dengan kegiatan kecil itu akan menciptakan orang besar yang bermoral bagi bangsa ini,” tegas alumnus Universitas Muhammadiyah Palembang (UMP).**

TEKS : AHMAD MAULANA

EDITOR : IMRON SUPRIYADI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster