Hama Kepi Serang 15 Hektar Sawah

 1,004 total views,  2 views today

Ilustrasi Sawah | Google Image

Ilustrasi Sawah | Google Image

BANYUASIN   KS-Hama kepi menyerang belasan hektar lahan persawahan warga di Desa Santaan Sari, Kecamatan Sembawa, Banyuasin.

Kini, Dinas Pertanian Kabupaten Banyuasin berusaha mengendalikan hama kepi ini dengan memberikan bantuan racun pembasmi hama dan kepi. Selain itu juga ada bantuan insektisida sebanyak lima liter untuk menanggulangi 15 ha sawah yang terserang hama kepi.

Ir Madian, Kepala Dinas Pertanian dan peternakan (Distanak) Kabupaten Banyuasin melalui Kepala Seksi Perlindungan Tanaman Distanak Mauladi Sp MM secara langsung ikut prihatin terhadap petani yang terkena dampak serangan kepi.

“Kepi ini adalah binatang sejenis lembing batu yang berbau, dan biasa hidup di hutan dan tanah. Cara menanggulanginya yaitu kita bantu insektisida, selebihnya petani harus lebih siaga terhadap serangan hama,” ucapnya.

Ucap Mauladi, kendati petani telah berupaya mengendalikan kepik akan tetapi sedikit atau banyak masih ada sisa dan dari pantaun dilapangan menurut PPL masih ada lima ha saja yang masih ada serangan.

“Kalau saja setelah dibantu racun dari dinas mudah-mudahan hama kepik segara berhasil diatasi dengan tuntas, kita berharap serangan tidak akan terjadi lagi setelah ini,” ujarnya.

KUPTD Kecamatan Sembawa Kabupaten Banyuasin Abidin Achmad SP menambahkan, serangan kepi yang terjadi kelompok tani Rangga Sepakat adalah kategori serangan ringan, karena jumlah serangan tidak terlalu banyak hanya 5 ha.

Hama kepi bisa dikatakan serangan hama yang bisa merusak tanaman padi apabila tidak segera diobati.

“Kita telah mengmberikan penyuluhan kepada para petani cara membasmi kepik dengan cara menggenangi padi dengan air sedalam 10 cm dan dilakukan penyemprotan pada pagi hari,” ujar Achmad.

Sebut Achmad, penyemprotan insektisida dilakukan padi hari antara pukul 8 00 – 10 00 wib karena saat itu hama sedang mencari makan dan keluar dari batang padi.

“Alhamdulillah dengan pengendalian hama kepik yang dibantu insek hama kepik mudah-mudahan berhasil kita tanggulangi secepatnya,” katanya.

TEKS/FOTO:DIDING KARNADI

EDITOR:RINALDI SYAHRIL





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster