Hujan Dituding Jadi Penyebab Kerusakan Jalan

 246 total views,  2 views today

Jalan Rusak di Jalan Letjen Bambang Utoyo.

Jalan Rusak di Jalan Letjen Bambang Utoyo.

PALEMBANG, KS-Sejumlah jalan di Kota Palembang, kini dalam kondisi rusak. Kerusakan jalan tersebut, salah satu penyebabnya menurut Dinas Pekerjaan Umum (PU) Bina Marga (BM) dan Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA) Palembang, dikarenakan curah hujan yang tinggi.

“Berdasarkan pantauan kami, saat ini ada jalan-jalan yang rusak berat, rusak ringan dan berlubang, seperti di kawasan Kertapati, tepatnya di depan Terminal Karya Jaya. Jalan tersebut, rusak berat karena banyak kendaraan yang melintas melebihi tonase, serta dikarenakan juga curah hujan yang tinggi,”kata Kepala Bidang (Kabid) PU BM, Dinas PU BM dan PSDA Kota Palembang, Affan, Rabu (27/11).

Menurut Affan, dari sekitar 120 pengerjaan jalan di tahun 2013 yang dilakukan mereka, saat ini 86 persennya sudah selesai. Artinya, tinggal sekitar 14 persen lagi jalan-jalan di Kota Palembang yang masih rusak.  “Kita pastikan sampai akhir tahun ini, pengerjaan jalan selesai,” ungkapnya.

Affan menjelaskan, untuk menghindari agar tidak mudah rusak akibat genangan air, pihaknya  terus melakukan perbaikan terhadap drainase maupun gorong-gorong dipinggir jalan,  karena jika saluran air baik  maka air akan mengalir. Sehingga tidak menggenangi badan jalan. “Jalan kota yang menjadi tanggung jawab kita, untuk perbaikannya mencapai 797, 4 kilometer,” ucapnya.

Lebih jauh Affan menjelaskan, saat ini laporan warga yang masuk ke Dinas PU BM mengenai kerusakan jalan, cukup banyak. Tingkat kerusakannya sebut dia, bervariasi. Semua laporan tersebut menurutnya, akan ditindaklanjuti. Namun tidak semuanya, akan langsung diperbaiki mengingat keterbatasan anggaran yang dimiliki Dinas PU BM dan PSDA.

Di 2014 sambung Affan, Dinas PU BM dan PSDA Kota Palembang mengajukan dana Rp300 miliar untuk dianggarkan di Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Palembang, untuk perbaikan jalan, dan pembangunan drainase serta lainnya.  “Itu anggaran yang diajukan, untuk seluruh kegiatan tahun 2014. Mudah-mudahan harapan wali kota untuk zero hole atau tidak ada jalan rusak, bisa segera terwujud,”tukasnya.

Teks     : Alam Trie Putra
Editor  : Dicky Wahyudi





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster