Pajak Parkir Over Target

 309 total views,  2 views today

Ilustrasi Parkir

Ilustrasi Parkir

PALEMBANG, KS-Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Kota Palembang mencatat, hingga November realisasi pajak parkir telah over target. Dari target Rp10,5 miliar yang dibebankan dari retribusi parkir ini di 2013, sudah terealisasi Rp13,5 miliar.

Kepala Dispenda Palembang, Agus Kelana mengatakan, objek pajak parkir di Palembang ada sekitar 150 objek parkir, angka pencapaian tersebut sudah melebihi target dari yang di tentukan.

“Tahun depan akan kita tingkatkan lagi target pajak parkir ini, dari 150 pajak parkir ini, setiap bulannya masuk ke Dispenda sekitar Rp 900 juta lebih. Realisasi pajak parkir yang tertinggi saat ini, rasionya 129,19 persen,”kata Agus ketika dibincangi belum lama ini.

Agus menjelaskan, ada dua retribusi parkir yang dikenakan oleh Dispenda dari parkir yakni retribusi parkir progresif dan ada yang sifatnya pajak. Pajak ini seperti tempat usaha, karena parkirnya dikelola oleh tempat usaha tersebut, tetapi pihak pengusaha tersebut membayar pajak ke Dispenda. “Kemudian untuk progresif seperti Seperti rumah sakit dan tempat usaha mobil, namun nilainya tidak terlalu besar,”jelasnya.

Lebih jauh Agus menjelaskan, selain pajak parkir, dari 11 pajak yang ditarik retribusi sampai November ini hanya empat pajak yang belum mencapai target, seperti pajak reklame baru 67, 82 persen, pajak sarang burung walet 50,13 persen, pajak mineral bukan logam 47,78 dan pajak bea perolehan hak atas tanah dan bangunan sebesar 69,89 persen. Realisasi empat pajak itu sebutnya, jauh dari nilai yang ditetapkan.

Sedangkan untuk tujuh pajak lainnya, sudah mencapai target yakni pajak hotel yang mencapai 90,77 persen, pajak restoran 85,83 persen, pajak hiburan 90,91 persen, pajak penerangan sebesar 92, 77 persen dan pajak penerangan jalan non PLN sebesar 104,07 persen, pajak air bawah tanah 83,65 persen, kemudian pajak bumi dan bangunan 88,68 persen.

“Untuk keseluruhannya total pencapaiannya 86,35 persen, dengan rasio pajak 83,33 persen dari target tahun 2013 Rp 316 miliar dan pencapaian pajak per Oktober Rp 272 miliar,”ucapnya.

Agus menambahkan, untuk pencapaian target tersebut pihaknya berupaya untuk melakukan penagihan bagi menunggak pajak “Dengan mendatangi wajib pajak agar membayar tagihan sesuai dengan ketentuan, dan juga koordinasi dengan pihak terkait,”tukasnya.

TEKS : ALAM TRIE PUTRA
EDITOR : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster