Angkutan Tonase Besar Dilarang Melintas di Siang Hari

 220 total views,  2 views today

Ilustrasi

Ilustrasi

PALEMBANG, KS-Maraknya kendaraan bertonase berat yang melintas saat jam sibuk, membuat kemacetan di sejumlah ruas jalan protokol di Kota Palembang. Padahal pemerintah telah membuat aturan, yang mengatur waktu melintas bagi kendaraan tersebut.

Kepala Bagian Transportasi Jalan dan Rel, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Palembang, Agus Supriyanto mengatakan, kendaraan bertonase berat tersebut diperbolehkan melintas pada malam hari, itupun sudah ada jalurnya.

“Maraknya kendaraan besar yang melintas di siang hari, mestinya ditertibkan. Karena sudah melanggar aturan. Tapi, wewenang penertiban itu, ada di pihak kepolisian,”kata Agus yang dibincangi di ruang kerjanya, Selasa (26/11).

Menurut Agus, kendaraan bertonase berat ini kebanyakan melintas di Jalan Demang Lebar Daun-Basuki Rahmad menuju Pelabuhan Boombaru. ” Itu akses menuju pelabuhan dan jalur pintu gerbang Palembang,” jelasnya.

Terpisah, Kepala Satuan ( Kasat) Lalu Lintas (Lantas) Kepolisian Resort Kota (Polresta) Palembang, Kompol Arif Fitrianto mengatakan, untuk angkutan berat seperti fuso dan lainya dilarang melintas di jalan protokol mulai pukul 10.00 WIB hingga pukul 15.00 WIB.

“Mereka baru bisa melintas setelah pukul 20.00 WIB sampai 04.00 WIB dini hari,”terangnya.
Sambung Arif, Polresta sudah menempatkan petugas dilapangan untuk rutin melakukan pengawasan terhadap perlintasan kendaraan berat, agar tidak menimbulkan kemacetan.
“Petugas akan disiagakan, apabila ditemui ada yang membandel atau melintas tidak sesuai dengan waktunya, maka akan diambil tindakan tegas seperti di tilang,”tegasnya.

Arif menambahkan, hal yang sama juga akan dilakukan bagi kendaraan berat yang memarkirkan kendaraannya di badan jalan sembari menunggu waktu melintas di jalan protokol.

“Kami akan rutin menerjunkan petugas, untuk melakukan patroli di setiap jalan protokol yang biasa dilalui kendaraan berat ini. Jika ada yang demikian, petugas akan memeriksa surat kelengkapan kendaraan, jika ternyata tidak memenuhi persyaratan maka tidak menutup kemungkinan kendaraan tersebut akan dikandangkan,”tukasnya.

TEKS : ALAM TRIE PUTRA
EDITOR : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster