Musi III dan IV Segera Dibangun

 321 total views,  2 views today

Belumlah selesai realisasi pembangunan Jembatan Musi III, Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan merencanakan membangun Jembatan Musi IV.

Belumlah selesai realisasi pembangunan Jembatan Musi III, Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan merencanakan membangun Jembatan Musi IV.


PALEMBANG, KS-Rencana pembangunan Jembatan Musi III, sampai saat ini tak kunjung jelas kapan terealisasinya. Namun belumlah Jembatan Musi III itu terealisasi, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Selatan (Sumsel), juga sudah merencanakan membangun Jembatan Musi IV.

Wakil Gubernur (Wagub) Sumsel, Ishak Mekki memastikan kedua jembatan itu, akan segera dibangun. Menurut mantan Bupati Ogan Komering Ilir (OKI) itu, Jembatan Musi III saat ini tengah tahap revisi desain dari Kementrian Pekerjaan Umum (PU).

“Sementara Jembatan Musi IV, masih dalam tahap review feasibility study (FS) atau studi kelayakan. Sedangkan review detail enginerring design (DED) dan analisi dampak lingkungan (Amdal), akan dilaksanakan tahun 2014,” kata Ishak.

“Revisi desain masih perlu dilakukan, karena adanya pergeseran lokasi serta masih ada lahan yang belum di bebaskan,”jelas Ishak yang dibincangi usai rapat paripurna DPRD Sumsel, Senin (25/11).

Setelah tahapan-tahapan tersebut selesai, Ishak memastikan kedua jembatan itu bisa dibangun. “Insya Allah, kedua jembatan ini secepatnya dibangun. Kita doakan saja, semoga semua tahapan itu, cepat selesai sehingga Jembatan Musi III dan IV ini bisa segera dibangun,” ucapnya.

Sebelumnya Ketua Masyarakat Transportasi Indonesia Wilayah Sumsel, Prof Erika Buchari mendesak pemerintah pusat segera membangun Jembatan Musi III, agar beban Jembatan Ampera dan Musi II berkurang.

“Beban Ampera sudah melebihi batas normal. Kalau dilihat dari hasil pembagian volume dengan kapasitas Jembatan Ampera, sekarang sudah 1,70. Padahal, idealnya untuk jembatan itu 1,00,” kata Erika usai acara pelantikan Masyarakat Transportasi Indonesia, beberapa waktu lalu.

“Kondisi Jembatan Ampera dan Musi II, kian krodit. Kedua jembatan yang menghubungkan kawasan seberang hulu dan seberang hilir tersebut, setiap harinya dilintasi ribuan kendaraan. Kondisi ini dikuatirkan, bisa membuat kedua jembatan tersebut ambruk,” ucapnya.

Sebagai informasi, Jembatan Musi III sendiri awalnya akan dibangun pada September atau Oktober 2008. Namun pembangunnnya terus molor, bahkan hingga saat ini belum juga terealisasi.

Molornya pembangunan Musi III ini, dikarenakan adanya perubahan desain. Awalnya jembatan itu, bakal dibangun dengan konsep panjang jalan dan Jembatan Musi III mencapai 25 kilometer (km), total panjang kerangka jembatan sepanjang satu km, rentang tengah sepanjang 500 meter, sedangkan pada ruas kanan kirinya masing-masing sepanjang 250 meter.

Titik nol jembatan ini, dimulai di Kelurahan Kebun Bunga menuju Sungai Lais serta berakhir di Sungai Pinang Banyuasin dengan melintasi Pulau Kemaro hingga ke Plaju.
Tetapi kemudian kembali berubah, karena PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) meminta ketinggian jembatan ditambah, untuk antisipasi bisa melintasnya kapal besar yang akan masuk ke Pelabuhan Boom Baru.

Sementara Jembatan Musi IV, bakal dibangun di kawasan Jl Perintis Kemerdekaan untuk kawasan Ilir dan Jl Ahmad Yani (kawasan Ulu). Pembangunan menggunakan dana APBN sebesar Rp 200 miliar yang akan dilakukan pekerjaan fisik 2014 mendatang.

Teks : Dicky Wahyudi
Editor : Imron Supriyadi





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster