Laporan PNS ‘Bandel’ Turun

 282 total views,  2 views today

Ilustrasi PNS

Ilustrasi PNS


PAGARALAM KS-Seperti tahun-tahun yang lalu, ada saja laporan pegawai negeri sipil (PNS) yang bermasalah. Namun, hingga pertengahan tahun ini baru masuk satu laporan saja mengenai PNS bermasalah. Demikian dikemukakan Inspektur Inspektorat Kota Pagaralam, Drs Supawi Cekman, Senin (25/11).

Beber Supawi, sejauh ini tingkat kedisiplinan para abdi Negara di lingkungan Pemerintah Kota Pagaralam sudah semakin membaik setiap tahunnya. Laporan PNS bermasalah tahun ini misalnya, menurun drastis dibandingkan laporan tahun sebelumnya.

“Sesuai dengan prosedur yang berlaku, tiap kali ada laporan masuk akan ditindaklanjuti. Jika terbukti melakukan pelanggaran berat tidak segan-segan para PNS tersebut akan dipecat sesuai aturan yang berlaku,” ungkap Supawi.

Inspektorat mencatat selama 2012 ada sebanyak 20 orang PNS yang diperiksa terkait angka laporan. Rata-rata pelanggaran yang dilakukan adalah pelanggaran administrasi, perselingkuhan, dan indispliner. Bahkan sampai 11 PNS di antaranya dipecat dengan tidak hormat.

“Namun begitu, Inspektorat hanya menjalankan tugas. Namun, kinerja maupun fungsinya berdasarkan amanat Undang-undang terkait penegakan disiplin kepegawaian,” cetus Supawi.

Terkait disiplin pegawai, lanjut Supawi, dalam beberapa bulan terakhir ini penegakan disiplin memang lebih diketatkan lagi. Termasuk tidak masuk kerja, namun telah mengisi absensi kehadirannya di kantor tempat di mana ditugaskan menjadi kebiasaan. Sehingga ini kerap terjadi dan terbukti pada inspeksi mendadak (sidak) yang dilakukan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Pagaralam bersama tim Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Pagaralam.

“Ironisnya lagi, ketika sidak berlangsung di salah satu kantor Kelurahan di dalam kota, tidak satupun pegawai kelurahan yang masuk kecuali Lurahnya,” bebernya seraya berujar sejauh ini Pemerintah Kota tengah berupaya meminimilisir kinerja pegawai yang kerap bolos di jam kerja.

Terpisah, Sekretaris Daerah, Drs H Safrudin MSi menjelaskan, dengan dilakukannya sidak beberapa hari terakhir guna melihat kedisiplinan pegawai menjalankan tugasnya. Ternyata usai ditinjau secara sample di lingkungan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) maupun sekretariat Pemkot Pagaralam tidak sedikit pegawai yang masih enggan disiplin.

“Memang masih saja ada pegawai yang tidak masuk. Ironisnya lagi, justru pegawai hadir dalam absen kepegawaian, tetapi orangnya tidak ada di tempat. Bisa dikatakan pegawai tersebut menitip absen saja kepada teman kerjanya, sedangkan orangnya entah kemana,” ucap Sekda.

Ujar Safrudin, kondisi ini perlu diproses lebih lanjut. Jika ada pegawai yang kedapatan tidak berada di tempat, tapi telah mengisi absensi akan dipanggil dan didata. Sementara untuk hukuman, tentunya mengacu pada Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 53 tahun 2010 tentang disiplin pegawai.

“Pastinya, kita akan mendata terlebih dahulu bagi pegawai yang terbukti, baik itu menitip absen saja maupun tidak masuk sama sekali,” sebutnya sambil menegaskan hasil pendataan itu akan dilaporkan kepada Wali kota Pagaralam.

TEKS:ANYONI STEFEN
EDITOR:RINALDI SYAHRIL





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster