Guru Harus Lebih Disiplin

 380 total views,  2 views today

Ilst. Guru

Ilst. Guru


PALEMBANG, KS-Tanggal 25 November, menjadi hari istimewa bagi kalangan pendidik di Indonesia. Sebab setiap tanggal tersebut, diperingati sebagai Hari Guru Nasional (HGN). Peringatan HGN tersebut menurut pengamat pendidikan Sumsel, Ade Karyana, harus dijadikan momen oleh guru di Sumsel untuk mengevaluasi diri.

Guru kata Ade, sebagai pengajar harus mampu meningkatkan kinerjanya dalam memberikan contoh yang baik bagi siswanya. Salah satunya sebut dia, dengan menunjukkan sikap berdisiplin. Sebab, guru adalah pendidik profesional, dengan tugas utama mendidik dan mengevaluasi peserta didik.

“Kedisiplinan guru diartikan sebagai sikap mental, yang mengandung kerelaan mematuhi semua ketentuan, peraturan dan norma yang berlaku dalam menunaikan tugas dan tanggung jawab. Jadi, kedisiplinan guru, merupakan cermin bagi anak didiknya dalam sikap atau teladan, dari sana akam memberikan warna terhadap hasil pendidikan yang jauh lebih baik,” kata mantan Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Sumsel ini, Senin (25/11).

Sementara itu, Kepala Disdik Sumsel, Widodo meminta kepada seluruh guru yang ada di seluruh wilayah Sumsel, untuk meningkatkan disiplin dalam kegiatan belajar dan mengajar. Ia mengatakan, disiplin sangat penting terutama dalam mendidik anak, agar capaian hasilnya nanti semakin bermutu. Dengan disiplin tinggi, maka pendidikan di daerah juga akan terbantu dalam menghasilkan kualitas tenaga didik yang sempurna.

“Memang sekarang ini disiplin tenaga pengajar sudah cukup baik, apalagi sejak diluncurkan program sertifikasi, karena kesejahteraan guru semakin meningkat. Namun kedisplinan guru tersebut perlu dimaksimalkan lagi, sehingga hasilnya pun akan lebih baik,” ujar Widodo.

Ia menambahkan, selain disiplin, tenaga pendidik perlu meningkatkan kualitas diri dengan menambah ilmu pengetahuan, baik melalui perguruan tinggi maupun mengikuti pelatihan-pelatihan yang diadakan oleh lembaga pendidikan.

Hal ini dilakukan, karena pihaknya akan memfasilitasi bila mana guru ingin melanjutkan jenjang pendidikan yang lebih tinggi. “Kita telah menyediakan beasiswa jika tenaga pendidik ingin belajar lagi ke jenjang program sarjana hingga yang lebih tinggi lagi, “tukasnya.

Teks : Imam Mahfudz Ali
Editor : Dicky Wahyudi





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster